Pengertian Strategi pembelajaran Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia
Sedangkan
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 203), pengertian strategi
(1) ilmu dan seni menggunakan sumber daya bangsa untuk melaksanakan
kebijaksanaan tertentu dalam dan perang damai, (2) rencana yang cermat
mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Soedjadi (1999 :101)
menyebutkan strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan
kegiatan pembelajaran yang bertujuan mengubah keadaan pembelajaran
menjadi pembelajaran yang diharapkan. Untuk dapat mengubah keadaan itu
dapat ditempuh dengan berbagai pendekatan pembelajaran. Lebih lanjut
Soedjadi menyebutkan bahwa dalam satu pendekatan dapat dilakukan lebih
dari satu metode dan dalam satu metode dapat digunakan lebih dari satu
teknik. Secara sederhana dapat dirunut sebagai rangkaian :
teknik metode pendekatan strategi model'
Istilah
“ model pembelajaran” berbeda dengan strategi pembelajaran, metode
pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran meliputi
suatu model pembelajaran yang luas dan menyuluruh. Konsep model
pembelajaran lahir dan berkembang dari pakar psikologi dengan pendekatan
dalam setting eksperimen yang dilakukan. Konsep model pembelajaran
untuk pertama kalinya dikembangkan oleh Bruce dan koleganya.
Lebih
lanjut Ismail (2003) menyatakan istilah Model pembelajaran mempunyai
empat ciri khusus yang tidak dipunyai oleh strategi atau metode tertentu
yaitu :
1. Rasional Teoritik yang logis disusun oleh perancangnya,
2. Tujuan Pembelajaran yang akan dicapai,
3. Tingkah Laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan secara berhasil dan
4. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai.
Pendekatan, strategi, metode dan teknik pembelajaran yang dirangkai menjadi satu kesatuan yang utuh maka terbentuklah Model Pembelajaran.Jadi,
model pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari
awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.
Model Pembelajaran menurut Bruce Joys dan Marsha Weil terdiri dari empat kelompok yaitu :
1. Model Interkasi Sosial
2. Model Pengolahan Informasi
3. Model Personal – humanistik dan
4. Model modifikasi tingkah laku
Fungsi Model Pembelajaran
Seluruh
aktivitas pembelajaran yang dirancang dan dilaksanakan oleh guru
bermuara pada terjadinya proses belajar siswa. Dalam hal ini model –
model pembelajaran yang dipilih dan dikembangkan guru hendaknya dapat
mendorong siswa untuk belajar dengan mendayagunakan potensi yang mereka
miliki secara optimal. Model – model pembelajaran dikembangkan utamanya
beranjak dari adanya perbedaan berkaitan dengan berbagai karakteristik
siswa. Karena siswa memiliki berbagai karakteristik kepribadian,
kebiasaan – kebiasaan, modalitas belajar yang bervariasi antara individu
satu dengan yang lain, maka model pembelajaran guru juga harus
selayaknya tidak terpaku hanya pada model tertentu, akan tetapi harus
bervariasi.
Penggunaan
model pembelajaran yang tepat dapat mendorong tumbuhnya rasa senang
siswa terhadap pelajaran, menumbuhkan dan meningkatkan motivasi dalam
mengerjakan tugas, memberikan kemudahan bagi siswa untuk memahami
pelajaran sehingga memungkinkan siswa mencapai hasil belajar yang lebih
baik.
0 komentar:
Posting Komentar