Pengertian Model Pembelajaran
Istilah
model pembelajaran sangat dekat dengan pengertian strategi pembelajaran
dan dibedakan dari istilah strategi, pendekatan dan metode
pembelajaran. Istilah model pembelajaran mempunyai makna yang lebih luas
daripada suatu strategi, metode, dan teknik. Sedangkan istilah
“strategi “ awal mulanya dikenal dalam dunia militer terutama terkait
dengan perang atau dunia olah raga, namun demikian makna tersebut meluas
tidak hanya ada pada dunia militer atau olahraga saja akan tetapi
bidang ekonomi, sosial, pendidikan.
Pengertian Model Pembelajaran Menurut para ahli
Menurut Ruseffendi (1980), istilah strategi, metode, pendekatan dan teknik didefinisikan sebagai berikut :
1.
Strategi pembelajaran adalah separangkat kebijaksanaan yang terpilih,
yang telah dikaitkan dengan faktor yang menetukan warna atau strategi
tersebut, yaitu :
a. Pemilihan materi pelajaran ( guru atau siswa )
b. Penyaji materi pelajaran ( perorangan atau kelompok, atau belajar mandiri
c. Cara menyajikan materi pelajaran ( induktif atau deduktif, analitis atau sintesis, formal atau non formal )
d. Sasaran penerima materi pelajaran ( kelompok, perorangan, heterogen, atau homogen).
2.
Pendekatan Pembelajaran adalah jalan atau arah yang ditempuh oleh guru
atau siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran dilihat bagaimana materi
itu disajikan. Misalnya memahami suatu prinsip dengan pendekatan
induktif atau deduktif.
3.
Metode Pembelajaran adalah cara mengajar secara umum yang dapat
diterapkan pada semua mata pelajaran, misalnya mengajar dengan ceramah,
ekspositori, tanya jawab, penemuan terbimbing dan sebagainya.
4.
Teknik mengajar adalah penerapan secara khusus suatu metode
pembelajaran yang telah disesuaikan dengan kemampuan dan kebiasaan guru,
ketersediaan media pembelajaran serta kesiapan siswa. Misalnya teknik
mengajarkan perkalian dengan penjumlahan berulang.
Sedangkan
Model Pembelajaran adalah sebagai suatu desain yang menggambarkan
proses rincian dan penciptaan situasi lingkungan yang memungkinkan siswa
berinteraksi sehingga terjadi perubahan atau perkembangan pada diri
siswa.
Sedangkan
menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (1998 : 203), pengertian strategi
(1) ilmu dan seni menggunakan sumber daya bangsa untuk melaksanakan
kebijaksanaan tertentu dalam dan perang damai, (2) rencana yang cermat
mengenai kegiatan untuk mencapai sasaran khusus. Soedjadi (1999 :101)
menyebutkan strategi pembelajaran adalah suatu siasat melakukan kegiatan
pembelajaran yang bertujuan mengubah keadaan pembelajaran menjadi
pembelajaran yang diharapkan. Untuk dapat mengubah keadaan itu dapat
ditempuh dengan berbagai pendekatan pembelajaran. Lebih lanjut Soedjadi
menyebutkan bahwa dalam satu pendekatan dapat dilakukan lebih dari satu
metode dan dalam satu metode dapat digunakan lebih dari satu teknik.
Secara sederhana dapat dirunut sebagai rangkaian
teknik metode pendekatan strategi model
Istilah
“ model pembelajaran” berbeda dengan strategi pembelajaran, metode
pembelajaran, dan pendekatan pembelajaran. Model pembelajaran meliputi
suatu model pembelajaran yang luas dan menyuluruh. Konsep model
pembelajaran lahir dan berkembang dari pakar psikologi dengan pendekatan
dalam setting eksperimen yang dilakukan. Konsep model pembelajaran
untuk pertama kalinya dikembangkan oleh Bruce dan koleganya.
Lebih
lanjut Ismail (2003) menyatakan istilah Model pembelajaran mempunyai
empat ciri khusus yang tidak dipunyai oleh strategi atau metode tertentu
yaitu :
1. Rasional Teoritik yang logis disusun oleh perancangnya,
2. Tujuan Pembelajaran yang akan dicapai,
3. Tingkah Laku mengajar yang diperlukan agar model tersebut dapat dilaksanakan secara berhasil dan
4. Lingkungan belajar yang diperlukan agar tujuan pembelajaran itu dapat tercapai.
Pendekatan,
strategi, metode dan teknik pembelajaran yang dirangkai menjadi satu
kesatuan yang utuh maka terbentuklah Model Pembelajaran.Jadi, model
pembelajaran merupakan bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal
sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru.
Model Pembelajaran menurut Bruce Joys dan Marsha Weil terdiri dari empat kelompok yaitu :
1. Model Interkasi Sosial
2. Model Pengolahan Informasi
3. Model Personal – humanistik dan
4. Model modifikasi tingkah laku
0 komentar:
Posting Komentar