Sejarah Celebrity Fitness

Posted By frf on Rabu, 15 Februari 2017 | 07.30.00

1 Sejarah Celebrity Fitness
Celebrity Fitness adalah salah satu pusat kebugaran dan kesehatan dengan jumlah klub dan anggota terbesar di Asia. Celebrity Fitness saat ini memiliki 27 klub di 3 negara yang berbeda, dan mengoperasikan tiga merek pusat kebugaran yang berbeda: Celebrity Fitness, Celebrity Fitness Express, dan Celebrity Fitness VIP. Setiap klub Celebrity Fitness menawarkan berbagai pelatihan pribadi yang disesuaikan dengan aktifitasnya, yoga, dan program pelatihan aerobik bagi para anggotanya. CEO saat ini adalah Martin Darby.

Celebrity Fitness didirikan pada tahun 2003 oleh karyawan dari pusat kebugaran 24 Hour Fitness, John Franklin, Mike Anderson dan John J. Sweeney. Karyawan pertama mereka adalah dari lokal Indonesia Hendra Nugraha, sekarang menjabat menjadi anggota dari tim senior manajemen. Celebrity Fitness mulai beroperasi pada tahun 2004 bulan Februari dengan pembukaan sebuah klub di Jakarta. Nama 'Celebrity' dipilih secara khusus untuk menyampaikan merek kelas atas dan anggota klub dapat dilatih oleh pelatih pribadi mereka sendiri seperti selebriti bintang film dan dapat beraktifitas di lingkungan yang terinspirasi oleh bar, klub malam, dan tempat ‘hang-out’ bagi para selebriti Hollywood, Beverly Hills dan Miami Beach.

Bagian dalam klub juga terdapat area lounge dimana anggota dapat bersantai dan bersosialisasi, dan klub kebugaran Celebrity Fitness umumnya terletak di dalam mal untuk menggabungkan fasilitas kebugaran dengan kehidupan normal masyarakat

Pada tahun 2005, Celebrity Fitness memasuki pasar Malaysia dengan membuka klub pertama di Kuala Lumpur. Bisnis usaha Malaysia diperluas pada tahun 2009 dengan membeli pusat kebugaran California Fitness (Malaysia).



Pada tahun 2007, mayoritas kepemilikan saham Celebrity Fitness dipegang oleh Navis Capital Partners, dengan ekspansi berikutnya ke negara Turki dan India dengan pembukaan klub pertama India, berlokasi di Gurgaon. Pada bulan Mei 2010, Navis menunjuk Martin Darby sebagai Group CEO Celebrity.

Di tahun 2011, Celebrity Fitness menawarkan 100.000 anggota dan lebih dari 30 klub. Pada tahun 2011, Celebrity Fitness melanjutkan ekspansinya dengan pembukaan kedua klub New Delhi (West Mall, Rajouri Gardens), klub pertama di Sumatera (Sun Plaza, Medan), klub kelima di Jawa (Paragon Mall, Semarang), kemudian melanjutkan perluasan klub di Jakarta dan Kuala Lumpur. Sekarang Celebrity Fitness memiliki rantai klub terbesar di Indonesia dan terbesar kedua di Malaysia.

Celebrity Fitness diciptakan oleh John Franklin pada tahun 2004 dibawah nama PT. Exertainment Indonesia. Nama tersebut dipilih berdasarkan sebuah alasan : bahwa Celebrity Fitness diciptakan untuk membuat semua anggotanya dapat berlatih dengan perasaan layaknya mereka seorang selebriti, karena klub tersebut di desain berdasarkan pada standar klub-klub yang ada di Hollywood dan Beverly Hills, tujuannya adalah untuk memanjakan dan memberikan pelayanan kelas satu pada para anggota. Untuk tetap memberikan suasana hiburan, lokasi yang untuk membuka tiap-tiap cabang Celebrity Fitness adalah mall-mall eksklusif, agar seitiap anggota dapat berbelanja, makan, dan pergi ke bioskop setelah selesai berlatih di gym. Cabang pertama Celebrity Fitness dibuka di Plaza Indonesia EX, diikuti oleh cabang di Supermall Pakuwon Indah Surabaya, La Piazza Kelapa Gading, dan akan terus bertambah dalam waktu dekat, tidak hanya di Indonesia, namun juga di Malaysia, Singapura, India, dan Australia. Pada waktu 9 bulan setelah memulai operasinya, Celebrity Fitness telah menerima 11.000 anggota. Celebrity Fitness telah menerima banyak penghargaan dan pujian, memenangkan Top Brand (best fitness brand category) pada tahun 2009 dan 2010, Penghargaan kategori ‘gym’ terbaik pada majalah Men’s Health 2011 dan pujian khusus untuk Celebrity Fitness La Piazza dan Puri Indah Klub.

Celebrity Fitness tidak mengenakan biaya untuk menjadi member (joining fee), untuk memberikan akses yang mudah kepada member-member potensial untuk menikmati kualitas terbaik dari peralatan-peralatan fitness, studio aerobik, group Cycling studio, pilates, dan studio yoga, pelatih-pelatih terbaik berstandar internasional (dari USA, Brazil, Japan, New Zealand, dan local). Konsep untuk menggabungkan tempat fitness dengan suasana hiburan memang dirintis oleh Celebrity Fitness dan pada hari ini, konsep tersebut telah memberikan kontribusi yang sangat besar kepada pengembangan bisnis tempat fitness. Sebagai perintis tempat fitness yang dikombinasikan denagn konsep hiburan, Celebrity Fitness selalu berusaha untuk menjadi yang terbaik dalam hal pelayanan dan meramu program-program dan kelas- kelas latihan demi kepuasan anggotanya.

PT. Exertainment Indonesia merupakan sebuah perusahaan yang memiliki bisnis di bidang jasa berupa penyediaan sarana fitness dengan merek CELEBRITY FITNESS. Sejak pertama kali dibuka yaitu di Plaza Indonesia pada bulan Februari tahun 2004, CELEBRITY FITNESS kini tersebar di 13 lokasi, 9 di Indonesia dan 4 ada di Malaysia. Sembilan cabang CELEBRITY FITNESS yang ada di Indonesia yaitu berada di:

Jakarta 
EX Plaza Indonesia, Jln M.H. Thamrin Kav. 13 lantai 2 Jakarta 10350 Indonesia 
La Piazza, Mal Kelapa Gading, Jln. Boulevard, lantai 1 Jakarta Utara 14240 Indonesia 
Pondok Indah Mal, Basement 1 & lantai 1 Jalan Metro Pondok Indah No G.34A Jakarta 12310 Indonesia 
Puri Indah Mal, Jalan Puri Agung, lantai 2, Puri Indah, Jakarta 11610 Indonesia 
The BELLEZZA, Jln. Let. Jend. Supeno No.34 Jakarta – Indonesia 
Supermal KARAWACI, 105 Bulevar Diponegoro, Lippo Karawaci 11581 Tangerang, Indonesia 

2. Desain Interior Celebrity Fitness Mal Puri Indah
Di area cardio klub, kombinasi material cermin dan metal pada bagian bawah memenuhi sisi area dinding dan tv yang dipasang di depan tiap alat sehingga pengguna dapat menonton tv di kala beraktifitas, kemudian ceiling yang digunakan di dalam klub celebrity fitness puri ini juga berjenis exposed ceiling sehingga terlihat bagian saluran-saluran AC, lampu, dan lain-lain, penerangan yang digunakan adalah seperti lampu sorot dan cahaya biru dari jenis penerangan indirect lamp sehingga penerangan yang dihasilkan remang-remang layaknya sebuah klub malam.

Di area cycling/sepeda, dinding didominasi oleh material cermin dengan layar besar kualitas IMAX di bagian depan ruangan yang digunakan untuk mendukung aktifitas saat berlatih, lalu ceiling yang digunakan di dalam klub celebrity fitness puri ini juga berjenis exposed ceiling sehingga terlihat bagian saluran-saluran AC, lampu, dan lain-lain, penerangan yang digunakan adalah penerangan indirect lamp yang dipasang dengan modul berbentuk lingkaran bermaterial kaca dan menghasilkan cahaya berwarna biru, kemudian pada lantai dibuat split level dan memanfaatkan ketinggian tersebut dengan pemasangan lampu didalamnya dan material metal memenuhi area lantai ruangan tersebut. 

Di dalam studio aerobik ini, dinding didominasi oleh material cermin dan kaca bening pada bagian pintu masuk sehingga dari luar studio masih bisa terlihat bagian dalam studio, lalu kaca divariasi dengan adegan-adegan atlet ketika berlatih digambarkan dalam bentuk material cutting sticker, lantai menggunakan material parket dan ceiling juga menggunakan exposed ceiling dengan dipasang beberapa lampu sorot, kemudian lampu-lampu indirect lamp juga terpasang pada area panggung dan ornamen kolom di kanan dan kiri panggung.

Studio yoga di Celebrity Fitness Puri ini baru di renovasi sehingga suasana yang diciptakan sangat baru dengan dinding panel kayu dan pantulan cahaya dari indirect lamp di belakangnya, lalu ada penambahan unsur tumbuh-tumbuhan pada bagian tengah dinding panel dan bebatuan pada area pinggir lantai, dengan adanya unsur ini dapat menstimulasikan rasa relaksasi pengguna yoga sehingga mendukung aktifitas yang dilakukannya. Penerangan juga memanfaatkan ornamen kayu yang digantung pada ceiling untuk memperindah ruangan. Material lantai berbahan vinyl untuk meredam suara ataupun mengurangi resiko kecelakaan jika terjatuh. Exposed ceiling juga digunakan pada studio ini dan pemasangan besi-besi yang berfungsi menggantung properti yang akan digunakan.
(Sumber: Dok. Yelia, 2013)

Ruangan pilates dalam Celebrity Fitness Puri ini di desain tidak terlalu besar, maksimal pengguna kira-kira hanya dua orang. Lantai ruangan berbahan karpet karena mendukung aktifitas untuk berlatih di bawah, kemudian pada dinding dipasang padded wall dengan busa didalamnya untuk meredam suara dan dibagian lain digunakan material cermin, ceiling tetap memanfaatkan exposed ceiling dan pencahayaan menggunakan lampu sorot.
(Sumber: Dok. Yelia, 2013)

Pada bagian tengah Celebrity Fitness, terdapat bagian marketing dan area lounge, tempat ini berada diatas split level dari terdapat kenaikan kira-kira 15 cm dari bagian resepsionis dengan material metal pada lantai lounge tersebut. Exposed ceiling digunakan di area ini dan pencahayaan lampu sorot serta lampu-lampu downlight menerangi area ini. Pada bagian back-drop dari counter marketing, terdapat bentuk-bentuk lingkaran yang menjadi variasi desain dan dipasang lampu indirect (LED) di dalam sehingga terpantul cahaya lembut dari bentuk lingkaran tersebut. sedangkan pada counter marketingnya dikelilingi oleh lampu sorot dari bawah, sehingga tampak counter tersebut terlihat dramatis dari depan.
(Sumber: Dok. Yelia, 2013)

Ketika memasuki Celebrity Fitness, nuansa klub malam sangat terasa dengan musik audio dan pencahayaan yang diciptakan cukup remang. Pencahayaan terlihat berwarna biru dan ungu. Pada bagian resepsionis dan area masuk, material lantai yang digunakan adalah kombinasi metal dengan keramik glossy kemudian exposed ceiling langsung terlihat ketika memasuki area Celebrity Fitness dan penggunaan lampu ceiling bermodul lingkaran untuk indirect lamp di dalamnya menghasilkan cahaya yang berwarna biru. Counter resepsionis dikelilingi oleh lampu sorot dari bawah sehingga kesan dramatis muncul pada permainan cahaya furnitur tersebut. (Sumber: Dok. Yelia, 2013)



Pada weight area bagian dalam, ada area dinding bermaterial kaca bening yang langsung berbatasan dengan luar bangunan sehingga didapatkan pencahayaan alami dari sinar matahari dan sebagian lagi menggunakan material cermin untuk mendukung gerakan kegiatan pengguna. Pada lantai digunakan material karpet pada beberapa area yang menggunakan beban lepas dan bagian lantai yang lain menggunakan material vinyl. Exposed ceiling tetap digunakan pada area tersebut dan lampu hanya digunakan pada malam hari. Terdapat lampu aksen yang berwarna biru, yang berjenis indirect lamp (LED) berwarna biru .
Blog, Updated at: 07.30.00

1 komentar:

  1. RIP mike anderson drunk master
    https://www.facebook.com/CelebrityFitnessMalaysia/photos/our-dear-friend-founder-of-celebrity-fitness-and-much-admired-senior-vice-presid/689953694415049/

    BalasHapus