Pengertian dan tugas-tugas Kepala Madrasah
1. Pengertian kepala madrasah
Kata
 kepala madrasah berasal dari dua kata yaitu kepala dan madrasah. Kata 
kepala dapat diartikan “ketua” atau pemimpin dalam suatu organisasi atau
 suatu lembaga. Sedangkan madrasah dari segi bahasa adalah sekolah, dan 
madrasah dari segi istilah yaitu suatu lembaga pendidikan dimana menjadi
 tempat menerima dan memberi pelajaran.
Secara
 sederhana kepala madrasah dapat didefinisikan sebagai seorang tenaga 
fungsional guru yang diberi tugas untuk memimpin suatu madrasah dimana 
diselenggarakan proses belajar mengajar atau tempat dimana terjadi 
interaksi antara guru yang memberi pelajaran dan murid yang menerima 
pelajaran.1
2. Tugas-tugas Kepala Madrasah
Kepala
 madrasah pada hakikatnya adalah guru yang diberi tugas tambahan. Kepala
 madrasah merupakan salah satu komponen pendidikan yang paling berperan 
dalam meningkatkan kualitas pendidikan. Mulyasa menyatakan bahwa; “erat 
hubungannya antara mutu Kepala madrasah dengan berbagai aspek kehidupan 
madrasah seperti disiplin madrasah, dan iklim madrasah”. Kepala madrasah
 harus mampu menciptakan suasana yang kondusif dan inovatif dalam 
melaksanakan kegiatan di madrasah. Hal ini sesuai dengan Peraturan 
Menteri Pendidikan Nasional Nomor 13 Tahun 2007 tentang Standar Kepala 
Sekolah/Madrasah, disebutkan bahwa “Kepala madrasah mengelola guru dan 
staf dalam rangka pendayagunaan semberdaya manusia secara optimal, 
menciptakan budaya dan iklim madrasah yang kondusif dan inovatif bagi 
pembelajaran”.2
Kepala
 madrasah harus memiliki visi, misi, kreatif serta inovatif dan 
berorientasi pada mutu. Strategi ini merupakan usaha sistematik Kepala 
madrasah secara terus menerus untuk memperbaiki kualitas layanan 
sehingga fokusnya diarahkan pada guru dan tenaga kependidikan lainnya 
agar lembaga kependidikan yang dipimpinnya dapat berjalan dengan baik. 
Sebagai pimpinan di madrasah, peran dan tanggung jawab Kepala madrasah 
sangat strategis dalam meningkatkan kinerja guru maupun tenaga 
kependidikan lainnya. Peran dan fungsi Kepala madrasah dalam 
meningkatkan kinerja guru sangat penting. Hal ini sesuai dengan pendapat
 Mulyasa, bahwa: “Kepala madrasah dituntut untuk senantiasa berusaha 
membina dan mengembangkan hubungan kerjasama yang baik antara madrasah 
dan masyarakat guna mewujudkan madrasah yang efektif dan efisien. Kepala
 madrasah harus mampu menjalin hubungan kerjasama baik sesama warga 
madrasah maupun dengan masyarakat lingkungan madrasah”.3
Dari
 kutipan diatas dapat disimpulkan bahwa tugas Kepala madrasah untuk 
melakukan komunikasi dengan bawahannya untuk meningkatkan kinerja dan 
kualitas kerja. Melalui jalinan kemitraan yang baik maka fungsi Kepala 
madrasah sebagai innovator dan motivator memiliki peran strategis yang 
tepat untuk menjalin komunikasi yang harmonis dengan lingkungannya, 
mencari gagasan baru, mengintegrasikan setiap kegiatan, memberikan 
teladan kepada seluruh tenaga kependidikan di madrasah yang ia pimpin. 
Sebagai pemimpin, Kepala madrasah juga harus memiliki strategi yang 
tepat untuk memberikan motivasi kepada guru dalam melaksanakan tugas dan
 fungsinya. Motivasi ini dapat ditumbuhkan melalui pengaturan lingkungan
 yang baik, pengaturan suasana yang kondusif dan komunikatif, disiplin 
yang sinergis sesama komponen warga madrasah. Beberapa prinsip yang 
dapat diterapkan oleh Kepala madrasah dalam meningkatkan kinerja guru 
sebagai tenaga kependidikan agar mampu meningkatkan kemampuan 
profesionalnya. Prinsip-prinsip tersebut sebagaimana disebut oleh E. 
Mulyasa adalah sebagai berikut:
- Para tenaga kependidikan akan bekerja lebih giat apabila kegiatan yang dilakukan menarik dan menyenagkan.
 - Tujuan kegiatan perlu disusun dengan jelas dan diinformasikan kepada para tenaga kependidikan sehingga mereka mengetahui tujuan ia bekerja. Para tenaga kependidikan juga harus dilibatkan dalam penyusunan tujuan tersebut.
 - Para tenaga kependidikan harus selalu diberitahu tentang hasil dari setiap pekerjaannya.
 - Pemberian hadiah lebih baik dari pada hukuman namun sewaktu-waktu hukuman juga perlu dilakukan.
 - Usahakan untuk memenuhi kebutuhan tenaga kependidikan dengan jalan memperhatikan kondisi fisiknya, memberikan rasa aman, menunjukkan bahwa Kepala madrasah memperhatikan mereka, mengatur pengalaman sedemikian rupa sehingga setiap pegawai memperoleh kepuasan dalam pekerjaan.4
 
CATATAN KAKI ARTIKEL DI ATAS :
- 1 Wahyusumiyo, Kepemimpinan Kepala Sekolah (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2002), hlm. 81.
 - 2 Mulyasa, E., Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Jakarta: Bumi Aksara, 2012), hlm. 24.
 - 3 Ibid., hlm. 187.
 - 4 Ibid., hlm. 121-122
 

Penarikan paling Tercepat di DetikTrade
BalasHapusKamu bisa Trading dengan minimal Deposit Rp. 50.000 mengunakan bank lokal
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Kelebihan bertransaksi di DetikTrade
1. DetikTrade memberikan Bonus Deposit awal 10%** T&C Applied
2. Minimal Deposit Rp. 50.000,- menggunakan Bank lokal
3. Teregulasi di FCA UK
4. Perusahaan berdiri sejak 2017 telah mengalami perubahan platform lengkap dengan fitur2 analis dan teknikal trading
5. Deposit dapat dilakukan menggunakan BANK LOKAL BCA, BNI, BRI dan Mandiri
6. Anda juga dapat uang tambahan dari Bonus Referral 1% dari hasil profit tanpa turnover
- - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - - -
Segera bergabung dan rasakan pengalaman trading yang light, kunjungi website kami www.detiktrade.com
Jika membutuhkan bantuan hubungi kami melalui :
WA : 087752543745