SUPPLY CHANGE MANAGMENT DAN MARKETING
SCM : koordinasi semua aktivitas penyediaan suatu organisasi dari pemasok dan mitra untuk pelanggan.
- untuk kebanggaan organisasi komersial dan non profit kita dapat membedakan aktivitas rantai persediaan upstream yang sesuai untuk sisi pembelian dan aktivitas rantai persediaan downstream yang sesuai untuk sisi jual E-commerce.
- transaksi antara organisasi dengan pemasoknya dan perantaraannya,sesuai dengan sisi pembelian disebut upstream supply chain
- transaksi antara organisasi dengan pelanggan dan perantaranya sesuai dengan sisi penjualan disebut downstream supply chain
USING TECHNOLOGY TO SUPPORT SCM
- implementasi awal (1989-1993) sistem pembelian EDI berbasis PC
- gerbang perdagangan elektronik (1990-1994) berbasis EDI tetapi melibatkan pihak yang lebih luas
- bergerak menuju perdagangan internet (1996 onwards) menyediakan alternatif yang rendah untuk EDI tradisional
early implementasion : 1989-1993
objecktivitas : mengurangi kesalahan data ke (0),mengurangi biaya administrasi,meningkatkan kontrol management,mengurangi waktu pemesanan
benefits included :
rasionalisasi pemasok pada 12 kemitraan utama,80 % faktor ditempatkan secara elektronik pada tahun 1990,7000 item tersingkir dari gudang harus bersumber langsung dari pemasok pada permintaan,waktu yang lebih pendek dari hari ke hari
karakter : melibatkan pihak yang lebih luas,keuangan pembeliaan dan hukum
tujuan :
menyediakan pedan internet dimaksudkan untuk menyediakan alternatif biaya yang rendah untuk EDI tradisional untuk pemasok dan pelangga kecil,melalui penggunaan jaringan pertambahan nilai nilai biaya rendah
benefits : salah satu contoh manfaatnya telah mengurangi sertifikat uji produk dari 3 $ sampai 3 sen
model simple dari supply chain
1. rantai pasokan sebuah organisasi dapat dilihat dari persfektif sistem sebagai
- akuisi sumber daya
- transpormasi
- produk dan jasa
2. logistic digunakan untuk merujuk secara khusus kepada managemen logistic/logistik inbound dan outbound
- inbound logistic => manajemen sumber daya maaterial memasuki sebuah organisasi dari pemasok dari pemsok dan mitra lainnya
- outbound logistic => manegemen sumber daya meterial disuplai dari suatu organisasi untuk pelanggan dan perantaraan
the value chain
sebuah model yang mempertimbangkan bagaimana kegiatan rantai pasokan dapat menambah nilai produk dan jasa yang akan dikirimkan ke pelanggan.
o keuntungan bagi pelanggan diciptakan dengan mengurangi biaya dan menambah nilai kepada pelanggan dalam setiap elemen dari nilai seperti pegadaan ,pembuatan ,penjualan dan distrbusi,pada antar muka unsur-unsur restructuring the interval value chain
- beberapa kelemahan dalam rantai tradisional
- paling berlaku unuk pembuatan produk fisik
- merupakan rantai satu arah yang terlibat dengan mendorong produk kepada pelanggan
menuju organisasi virtual
sebuah organisasiyang menggunakan tekologi informasi dan komunikasi untuk memungkinkannya beroperasi untuk tanpa batas batas fisik yang jelas antara fungsi yang berbeda.kurangnya struktur fisik,kepercayaan kepada pengetahuan,berbatas dan inklusif, penggunaan teknologi komunikasi,bekerja secara mobile,fleksibel dan responsif
MARKETING
pemasaran adalah proses managemen yang bertanggung jawab untuk mengidentifikasi dan memuaskan kebutuhan pelanggan yang menguntungkan alat pemasaran yang dapat membantu : situs web,email,nirkabel,televisi digital.
how do e-tools support marketing :
- mengidentifikasi bagaimana internet digunakan untuk riset pemasaran untuk mengetahui kebutuhan dan keinginan pelanggan.
- mengidentifikasi – mengidentifikasi permintaan untuk layanan digital
- memuaskan bagaimana mencapai kepuasan pelanggan melalui saluran elektronik
DIGITAL MARKETING DEFINED
- pemasaran digital didefinisikan pencapaian tujuan pemasaran melalui penggunaan teknologi komunikasi elektronik
- konsumen proaktif dalam aktif mencari informasi untuk kebutuhan dan interaksi mereka dengan merek yang membuat mereka tertarik melalui konten,pencarian dan pemasaran media sosial.
- pengelolaan teks,multimedia,audio dan konten video yang ditunjukkan untuk menarik pelanggan
- rencana pemasaran digital adalah untuk mencapai pemasaran yang lebih baik
IS A SEPERATE E-MARKETIN PLAN REQUIRED
- permintaan pelanggan akan diremehkan
- pesaing yang ada dan baru mulai akan mendapatkan bangsa pasar
- duplikasi sumber
- sumber daya yang tidak memadai akan di khususkan untuk perencanaan
- data pelanggan cukup dikumpulkan
- efisiensi melalui pemasaran online akan terlewati
- kemampuan alat pemasaran terlewati
- perubahan diperlukan sistem untuk kelompok berbeda tidak akan memproiritaskan sebabnya
- hasil pemasaran online untuk dilacak secara memadai pada tingkat tinggi atau detail
- dukungan pengelolaan pemasaran digital yang lebih tinggi memadai untuk mendorong apa yang sering dibutuhkan untukmenjadi inisiatif strategis.
SITUATION ANALISYS
adalah analis lingkungan dan tinjauan proses internal dan sumber daya untuk menginformasikan strategi untuk memahami lingkungan saat ini dan masa depan dimana perusahaan beroperasi melibatkan pertimbangan semua faktor ini dan akan membentuk dasar menentukan tujuan,strategi dan taktik.
CUSTOMER DEMIND ANALYSIS
analisis permintaan menguji penggunaan dalam setiap saluran digital dan layanan berbeda saat ini diantara sasaran pasar yang berbeda dapat ditentukan dengan menanyakan kepada setiap pasar :
- berapa presentasi elanggan memiliki akses ke internet ?
- berapa presentase anggota unit pembelian di bisnis ini memiliki akses ke internet?
- berapa presentase pelanggan siap untuk membeli produk tertentu secara online.?
- berapa presentase pelanggan dengan akses ke internet tidak siap untuk membeli secara online tetapi dipengaruhi oleh informasi berbasis web untuk membeli produk secaraonline
- apa hambatan pengguna untuk pelanggan dan bagaimana kita dapat mendorong penggunaan.
COMPETITOR ANALYSIS
- peninjauan layanan bisnis digital yang ditawarkan oleh pesaing yang sudah ada dan yang baru dan penggunanya oleh pelanggan mereka.
- pemantauan penggunaan e-commerce pesaing untuk mendapatka dan mempertahankan pelanggan
- menurut cheffey pesaing standart memiliki perspektif yang berbeda yang melayani tujuan yang berbeda:
- ulasan kemampuan internal:sumber daya,struktur dan proses vs internal
- 2dari proporsi inti melalui brending nilai secara oup
- aspek yang berbeda dari siklus hidup pelanggan
- kualitatif kuantitatif
- dalam dan luar sektor
- pengunaan keuangan sampai non keuangan
- dari pengalaman pengguna sampai pengunaan ahli
INTERMEDIARY OR INFLUENCE ANALYSIS
- mengidentifikasi perantara yang relevan untuk pasar tertentu
- mengidentifikasi mitra strategi ketika menjalankan sebuah kampanye iklan online
- untuk mempertimbangkan cara pasar beroperasi
INTERNAL MARKETING AUDIT
- efektifitas bisnis : konstribusi situs untuk pendapatan,profitubilitas dan indikasi dari misi perusahaan untuk situs
- efektifitas pemasaran : mmemimpin,penjualan,penyimpana,saham,peningkatan merek dan loyalitas,pelayan pelanggan.
- efektifitas internet : langkah-langkah khusus yang digunakan untuk menilai cara dimana situs web yang digunakan dan karakteristik penggunaan
0 komentar:
Posting Komentar