Pengertian Membaca Nyaring

Posted By frf on Kamis, 27 Oktober 2016 | 15.22.00

Pengertian Membaca Nyaring 
Membaca nyaring adalah suatu aktivitas atau kegiatan yang merupakan alat bagi guru, murid, ataupun pembaca bersama-sama dengan orang lain atau pendengar untuk menangkap serta memahami informasi, pikiran dan perasaan seseorang pengarang.

Orang yang membaca nyaring pertama-tama haruslah mengerti makna serta perasaan yang terkandung dalam bahan bacaan. Dia juga harus mempelajari keterampilan-keterampilan penafsiran atas lambang-lambang tertulis sehingga penyusunan kata-kata serta penekanan sesuai dengan ujaran pembicara yang hidup. Membaca nyaring yang baik menuntut agar si pembaca memiliki kecepatan mata yang tinggi serta pandangan mata yang jauh, kerena dia haruslah melihat pada bahan bacaan untuk memelihara kontak mata dengan para pendengar.

Membaca nyaring adalah sebuah pendekatan yang dapat memuaskan serta memenuhi berbagai ragam tujuan serta mengembangkan sejumlah keterampilan serta minat. Oleh karena itu maka dalam mengajarkan keterampilan-keterampilan membaca nyaring, sang guru harus memahami proses komunikasi dua arah. Lingkaran komunikasi belumlah lengkap kalau pendengar belum memberi tanggapan secukupnya terhadap pikiran atau perasaan yang diekspresikan oleh si pembaca. Memang tanggapan tersebut mungkin hanya dalam hati, tetapi bersifat apresiatif, mempunyai nilai apresiasi yang tinggi (Dawson [et al] 1963 : 215-216).

Membaca nyaring merupakan suatu keterampilan yang serba rumit, kompleks, banyak seluk beluknya. Membaca nyaring itu pada hakekatnya merupakan suatu masalah lisan atau oral matter. Oleh karena itu maka khusus dalam pengajaran bahasa asing, aktivitas membaca nyaring lebih dekat ditunjukan pada ucapan (pronunciation) dari pada ke pemahaman (comprehension), (Broughton [et al] 1978 : 91).

Pentingnya membaca nyaring menurut :
Craw dan Mountain (1995) menjelaskan bahwa membaca nyaring hendaknya mempunyai tujuan tertentu dan tidak menggunakan format round robin. Yang dimaksud dengan raund robin ialah setiap siswa secara random mendapat giliran untuk membaca nyaring satu paragraf. Membaca nyaring dengan format round robin menyebabkan siswa kurang menyimak apa yang dibaca temannya, padahal menyimak merupakan keterampilan yang harus diajarkan pada siswa.

Rubin (1993) menjelaskan bahwa kegiatan yang paling penting untuk membangun pengetahuan dan keterampilan bahasa siswa memerlukan membaca nyaring. Program yang kaya dengan membaca nyaring dibutuhkan untuk semua siswa karena membantu siswa memeperoleh fasilitas menyimak, memerhatikan sesuatu secara lebih baik, memahami suatu cerita, mengingat secara terus-menerus pengungkapan kata-kata, serta mengenali kata-kata baru muncul dalam konteks lain. Membaca nyaring suatu cerita membantu siswa menambah kosakatanya, walaupun guru tidak menjelaskan makna kata yang terdapat dalam cerita tersebut. Untuk anak-anak kecil kegiatan ini merupakan sesuatu yang produktif dan bisa menjadi pengalaman interaktif yang paling bagus jika dilakukan dengan tepat.

Ellis, dkk.(1989) tujuan umum membaca adalah pemahaman, mengahasilkan siswa yang lancer membaca. Salah satu kegiatan yang bisa membantu untuk mencapai tujuan umum tersebut ialah sering membacakan cerita dan mendiskusikannya dengan siswa.

Harris dan Sipay (1980) mengatakan bahwa membaca bersuara mengontribusikan seluruh perkembangan anal dalam banayak cara, di antaranya sebagai berikut. 
  1. Membaca nyaringmemberikan guru suatu cara yang cepat dan valid untuk mengevaluasi kemajuan keterampilan membaca yang utama, khususnya pemenggalan kata, frasa, dan untuk menemukan kebutuhan pengajaran yang spesifik. 
  2. Membaca nyaring memberikan latihan berkomunikasi lisan untuk pembaca dan bagi yang mendengar untuk meningkatkan keterampilan menyimaknya. 
  3. Membaca nyaring juga bisa melatih siswa untuk mendramatisirkan cerita dan memerankan pelaku yang terdapat dalam cerita. 
  4. Membaca nyaring menyediakan suatu media di mana guru dengan bimbingan yang bijaksana, bisa bekerja untuk meningkatkan kemampuan menyesuikan diri, terutama lagi dengan anak yang pemalu. 
Rothlein dan Meinbach (1993) mengemukakan bahwa membaca nyaring untuk anak-anak merupakan kegiatan berharga yang bisa meningkatkan keterampilan menyimak, menulis, dan membantu perkembangan anak untuk mencintai buku dan membaca cerita sepanjang hidup mereka. Anak-anak cenderung meniru mengikuti jejak orang dewasa.

Cox (1999) membaca nyaring untuk anak-anak yang dilakukan setiap hari merupakan sesuatu yang penting untuk mengajar mereka menyimak, berbicara atau menulis.

Gruber (1993) manfaat dan pentingnya membaca nyaring untuk anak-anak tersebut seperti dijelaskan berikut ini. 
  • Memberikan contoh kepada siswa proses membaca secara positif. 
  • Mengekspos siswa untuk memperkaya kosakata. 
  • Memberi siswa informasi baru. 
  • Mengenalkan kepada siswa dari aliran sastra yang berbeda-beda. 
  • Memberi siswa kesempatan menyimak dan menggunakan daya imajinasinya. 
  • Keterampilan-keterampilan yang dituntut dalam Membaca Nyaring 
Dalam pembicaraan terdahulu telah dikemukakan membaca nyaring merupakan suatu aktivitas yang menuntut aneka ragam keterampilan. Di bawah ini dikemukakan sejumlah keterampilan yang dapat dituntut dalam membaca nyaring pada setiap kelas sekolah dasar, keterampilan-keterampilan tersebut telah dilatih sejak awal maka apabila para pelajar meningkat atau melanjutkan pelajaran ke sekolah lanjutan, mereka telah mempunyai modal yang sangat penting. Keterampilan-keterampilan pokok telah ditanam di sekolah dasar, pemupukan serta pengembangan dilakukan di sekolah lanjutan (pertama dan atas).
Daftar keterampilan untuk mencapai tujuan yang telah ditentukan dalam membaca nyaring, yaitu:
1. Kelas I
  • Mempergunakan ucapan yang tepat.
  •  Mempergunakan frase yang tepat (bukan kata demi kata).
  • Mempergunakan intonasi suara yang wajar agar makna mudah terpahami.
  • Memiliki perawakan dan sikap yang baik serta merawat buku dengan baik.
  • Menguasai tanda-tanda baca sederhana, seperti:
  1. Titik ( . )
  2. Koma ( , )
  3. Tanda tanya ( ? )
  4. Tanda seru ( ! )
2. Kelas II
  • Membaca dengan terang dan jelas.
  • Membaca dengan penuh perasaan, ekspresi.
  • Membaca tanpa tertegun-tegun, tanpa terbata-bata.
3. Kelas III
  • Membaca dengan penuh perasaan, ekspresi.
  • Mengerti serta memahami bahan bacaan.
4. Kelas IV
  • Memahami bahan bacaan pada tingkat dasar.
  • Kecepatan mata & suara: 3 patah kata dalam satu detik.
5. Kelas V
  • Membaca dengan pemahaman dan perasaan.
  • Aneka kecepatan membaca nyaring tergantung pada bahan bacaan.
  • Dapat membaca tanpa terus menerus melihat pada bahan bacaan.
6. Kelas VI
  • Membaca nyaring dengan penuh perasaan atau ekspresi.
  • Membaca dengan penuh kepercayaan (pada diri sendiri) dan mempergunakan frase atau susunan kata yang tepat.
(Barbe & abbott 1975 : 156-167;Dawson [et al] 1963 : 216). 
Peningkatan Keterampilan Membaca Nyaring 

Seorang pembaca nyaring yang baik biasanya berhasrat sekali menyampaikan sesuatu yang penting kepada para pendengarnya. Sesuatu yang penting tersebut dapat berupa informasi yang baru, sesuatu pengalaman yang berharga, uraian jelas, karakter yang manarik hati, sekelumit humor yang segar, atau sebait puisi.

Agar dapat membaca nyaring dengan baik, maka sang pembaca haruslah menguasai keterampilan-keterampilan persepsi (penglihatan dan daya tangkap) sehingga dia mengenal/memahami kata-kata dengan cepat dan tepat. Yang sama pentingnya dengan hal itu ialah kemampuan mengelompokkan kata-kata ke dalam kesatuan-kesatuan pikiran serta membacanya dengan baik dan lancar. Untuk membantu para pendengar menangkap serta memahami maksud sang pengarang, maka sang pembaca biasanya mempergunakan berbagai cara, antara lain :
  1. Dia menyoroti ide-ide baru dengan mempergunakan penekanan yang jelas.
  2. Dia menjelaskan perubahan dari satu ide ke ide lainnya.
  3. Dia menerangkan kesatuan-kesatuan pikiran di dalam satu kalimat dengan penyususnan kata-kata yang tepat dan baik.
  4. Menhubungkan ide-ide yang bertautan dengan jalan menjaga suaranya agar tinggi sampai akhir dan tujuan tercapai.
  5. Menjelaskan klimaks-klimaks dengan gaya dan daya ekspresi yang baik dan tepat.
Keterampilan-keterampilan membaca nyaring akan berkembang secara wajar, secara alamiah dalam membaca drama. Membaca drama menambahi sejumlah nilai pada membaca, antara lain:
  1. Memperoleh kesenangan dalam dramatisasi yang terlihat pada pemupukan keyakinan anak-anak sehari-hari.
  2. Memperkaya daya khayal, imajinasi dalam membaca fiksi.
  3. Menanamkan disiplin yang tidak terdapat pada jenis-jenis membaca lainnya.
  4. Mempertinggi pemahaman, pengembangan kosa kata, membaca frase/paragraf, ekspresi/perasaan, serta keterampilan-keterampilan berbicara secara umum.
Anak-anak dari semua tahap membaca dapat diikutsertakan dalam suatu permainan drama. Kualitas-kualitas pribadi yang belum ditemui kerapkali dapat ditemui atau diketahui dalam membaca drama. Apabila seseorang anak masih merupakan “someone else”, masih asing bagi kita, tetapi pada saat membaca sesuatu drama maka aspek-aspek yang baru dan yang sangat menyenangkan dari pribadinya akan terlihat jelas. Drama baik sekali untuk mengurangi rasa malu-malu pada anak-anak serta untuk menemukan sifat-sifat atau kualitas-kualitas yang simpatik sekalipun dalam hal-hal yang agresif.

Membaca drama menuntut disiplin-disiplin yang tidak terdapat pada aktivitas membaca lainnya. Kesiap-siagaan terhadap pencatatan waktu berbicara, menghadapi isyarat-isyarat, menempatkan sesuatu pada tempat yang wajar sesuai dengan teks, membaca kata-kata serta frase-frase dengan tepat, mengekspresikan sesuatu dengan baik, semua faktor tersebut serta faktor-faktor lainnya akan diketahui oleh sang anak sebagai hal-hal yang penting dalam keberhasilan pagelaran sesuatu drama. Peningkatan atau pemantapan ekspresi melalui penekanan, jeda, serta interpretasi suasana hati dan perasaan merupakan hasil atau pencerminan dari membaca drama (play reading), (Anderson 1972 : 98-99).

Keuntungan membaca nyaring untuk anak-anak juga dikemukakan Rothein dan Meinbach (1993) yang berdasarkan padapenelitain yang dilakukan Graves (1983) dan Clay (1975). Hasil temuan dari kedua peneliti menunjukan bahwa ada hubungan antara ynga sedang dibaca dengan penampilan menulis, yaitu membangkitkan imajinasi mereka, memberikan gagasan terhadap proses menulis mereka.

Apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan dalam membaca nyaring, antara lain sebagai berikut. 
  • Mulailah membacakan cerita pada awal pertama dikelas. Berbagai buku yang bagus memberikan kesempatan yang menakjubkan bagi guru dan siswa untuk berbagi kesempatan yang hangat dan menyenangkan, membina ikatan yang akarab denga seluruh personel kelas. 
  • Sebelum membaca cerita atau puisi, akrabilah lebih dahulu materi bacaan tersebut. 
  • Wacana yang panjang sebaiknya diperpendek. 
  • Selalulah mendiskusikan isi bahan bacaan dengan siswa untuk membangkitkan minat siswa pada buku. 
Suruhlah siswa duduk dengan senang dalam setengah lingkaran di sekitar Anda dan singkirkan semua gangguan. Adakan “kontak mata” selama mebaca cerita berlangsung. 
  • Duduklah dengan kursi rendah dekat dengan siswa dan peganglah buku sedemikian rupa sehingga mereka bisa melihat ilustrasi. Ilustrasi merupakan hal penting dalam membaca buku untuk siswa. 
  • Jadikanlah kegiatan ini mengasyikkan, ekspresikanlah emosi-emosi yang dibangkitkan oleh cerita atau puisi dan bawalah sastra kedalam suasana yang hidup melelui gerakan, sound effect, dan perubahan nada suara. 
  • Apabila memungkinkan doronglah anak-anak berpartisipasi dalam membaca. 
  • Secara periodik, berilah mereka pertanyaan untuk meningkatkan pemahaman dan minat siswa. 
  • Jika tidak mungkin menyelesikan seluruh bagian atau bab pada suatu bacaan, cobalah berhenti pada bagian cerita yang menegangkan. Biarkan anak berdiri di pinggir tempat duduknya, cemas karena rasa ingin tahu mereka lebih lanjut tentang apa yang terjadi berikutnya. 
  • Pada penyelesaian cerita atau puisi berikan kesempatan kepada siswa untuk merenungkan apa yang telah mereka denga dan meneliti (menyelidiki) perasaannya sendiri. 
  • Setelah menyelesikan seluruh cerita, berikanlah waktu kepada siswa untuk mengekspresikan perasaan mereka secara bebas. 
Hal-hal yang perlu diingat dalam membaca nyaring antara lain sebagai berikut. 
  • Seni menyimat merupakan sesuatu yang bermanfaat dan mesti diajarkan. 
  • Panjang dan pendek mata pelajaran yang dibacakan hendaknya bervariasi. 
  • Jika membacakan buku cerita bergambar, guru harus yakin anak bisa melihat gambartersebut dengan jelas. 
  • Hentikan bacaan pada titik yang menegangkan. 
  • Sesudah membaca sediakan waktu untuk diskusi, mengeskpresikan secara lisan, tulisan ataupun ekspresi artistik. 
  • Jangan belokkan diskusi menjadi bentuk ujian. 
  • Bacalah teks tersebut dengan penuh ekspresi dan bacalah pelan-pelan. 
  • Sebelum membaca buku tersebut di depan kelas, tinjaulah buku tersebut lebih dahulu. 
Hal-hal yang harus dihindari waktu membaca nyaring antara lain sebagai berikut. 
  • Jangan membacakan cerita yang anada sendiri tidak menyukainya. 
  • Jangan teruskan membaca jika ternyata buku tersebut pilihan yang salah. 
  • Jangan bingung dengan pertanyaan yang diajukan siswa selama membaca, dan diskusikan denga siswa pendapat dan kesimpulan mereka. 
  • Ciptakan pertanyaan terbuka yang mengharuskan siswa selama perhatiannya pada bagaian tertentu dari buku. 
SUMBER;
Blog, Updated at: 15.22.00

0 komentar:

Posting Komentar