Pengertian dan Pengujian Implementasi

Posted By frf on Minggu, 11 Desember 2016 | 07.05.00

IMPLEMENTASI DAN PENGUJIAN  
Implementasi Tujuan implementasi adalah untuk menerapkan perancangan yang telah dilakukan terhadap sistem sehingga user dapat memberi masukan demi berkembangnya sistem yang telah dibangun sebagai simulasi dari game edukasi pariwisata Indonesia. Perangkat keras dan perangkat lunak yang digunakan untuk melakukan implementasi dan pengujian aplikasi yaitu sebagai berikut : Implementasi Perangakat Keras Perangkat keras yang akan digunakan untuk menjalankan aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia ini tidak harus komputer yang berspesifikasi tinggi. Hal disebabkan oleh penggunaan resource yang sedikit pada CPU dan tidak terlalu memakai resource grafis yang terlalu banyak. Sebagai ilustrasi sistem minimum yang dapat menjalankan aplikasi dapat dilihat pada tabel 4-1 dibawah ini : Tabel 4.1 Implementasi Perangkat Keras Processor AMD Turion 64x2 1,9 Ghz RAM 512 MB HDD 1 GB Resolusi Layar 940 x 630 Keyboard 1 Buah Mouse 1 Buah Speaker YA 42.Implementasi Perangakat Lunak Spesifikasi perangkat lunak yang digunakan untuk menjalankan aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia ini adalah sebagai berikut : 
1. Sistem Operasi : Microsoft Windows XP SP2 
2. Flash Player : Flash Player 10 

Implementasi Aplikasi Aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia ini merupakan sebuah game edukasi yang terdiri dari wisata dan permainan kuis. Aplikasi ini tidak perlu dilakukan instalasi, cukup dengan melakukan dobel-klik pada aplikasi ini (executabel). Akan tetapi harus diingat, pada sistem operasi Windows harus terdapat Adobe Flash Player 10, agar aplikasi game ini dapat dimainkan. Apabila Adobe Flash Player 10 belum terpasang, maka game ini tidak akan dapat dimainkan karena file aplikasi game ini berekstensi .swf yang akan dapat berjalan dengan dukungan 

Adobe Flash Player 10.  Implementasi Menu Utama Menu Utama merupakan sistem yang dipergunakan oleh pengguna untuk membuka halaman wisata, edukasi dan bantuan. Disaat pengguna menggunakan menu utama ini, sistem akan melakukan proses yang terdapat pada : Tabel 4.2 Implementasi Menu Utama Nama Class Nama File Menu utama home_mc

4.1.3.2 Implementasi Wisata
Wisata merupakan sistem yang dipergunakan oleh pengguna untuk membuka halaman wisata. Disaat pengguna menjalankan wisata ini, sistem akan menampilkan peta Indonesia yang berisikan 33 pin yang dapat di Klik tiap pin tersebut untuk menampilkan objek wisata. Disaat wisata berjalan program akan melakukan proses yang terdapat pada : Implementasi Wisata Nama Class Nama File Wisata wisata_mc  Implementasi Edukasi Edukasi merupakan sistem yang dipergunakan oleh pengguna untuk melakukan proses e-learning. Untuk dapat mengakses sistem ini, pengguna cukup menekan tombol edukasi pada menu utama kemudian main, sehingga dapat masuk ke halaman permainan kuis. Dalam permainan kuis, terdapat beberapa pilihan jawaban yang dimuat pada panel-panel yang terdapat pada halaman permainan kuis ini. Untuk lebih jelasnya pada saat berjalan program akan melakukan proses yang terdapat pada :

 Implementasi Edukasi Nama Class Nama File Edukasi edukasi_mc 44  Implementasi Bantuan Bantuan merupakan sistem yang dipergunakan oleh pengguna menampilkan tampilan aturan main yang berisikan petunjuk permainan atau story line. 
Untuk lebih jelasnya pada saat berjalan program akan melakukan proses yang terdapat pada : Tabel  Implementasi Bantuan Nama Class Nama File Bantuan bantuan _mc  Implementasi Antarmuka Saat pengguna membuka aplikasi pertama kalinya, maka antarmuka yang ditampilkan oleh sistem adalah antarmuka splash screen yang ditunjukan pada gambar 4-1 berikut ini. Tampilan Antarmuka Splash Screen 45 Kemudian setelah loading splashscreen selesai selanjutnya akan tampil antarmuka menu utama. Didalam menu utama ini terdapat 5 buah tombol terdiri dari tombol wisata, tombol edukasi, tombol bantuan, tombol keluar dan tombol on/off background sound yang ditunjukan pada gambar 4-2 berikut ini. Tampilan Antarmuka Menu Utama Saat pengguna menekan tombol wisata, maka antarmuka yang ditampilkan oleh sistem adalah pilih lokasi yang ditunjukan pada gambar 4-3 berikut ini. 46 Tampilan Antarmuka Pilih Lokasi Berikut adalah antarmuka objek wisata yang dipilih saat pengguna menekan tombol pin bintang yang ada pada pilih lokasi yang ditunjukan pada gambar 4-4. 

Tampilan Antarmuka Lokasi Wisata 47 Berikut adalah antarmuka detail objek wisata yang dipilih pengguna yang ditunjukan pada gambar 4-5. Gambar 4.5 Tampilan Antarmuka Objek Wisata Berikut adalah antarmuka edukasi terdapat 2 buah tombol yaitu kembali dan main yang ditunjukan pada gambar 4-6 48 Tampilan Antarmuka Edukasi Berikut adalah antarmuka kuis terdapat soal dan jawaban, nomor soal dan juga poin yang ditunjukan pada  Tampilan Antarmuka kuis Tahap 1 49  Tampilan Antarmuka kuis Tahap 2 Berikut adalah antarmuka pesan ketika pengguna memilih jawaban salah terdapat peringatan dan juga tombol lanjut yang ditunjukan pada gambar 4-9. Gambar 4.9 Tampilan Antarmuka Pesan Jawaban Salah kuis 50 Berikut adalah antarmuka check point antar tahap ketika pengguna menyelsaikan 10 pertanyaan pertama yang ditunjukan pada gambar 4-10. Gambar 4.10 Tampilan Antarmuka Check Point Antar Tahap Berikut adalah antarmuka game over ketika 3x kesempatan telah habis yang ditunjukan pada gambar 4-11. Gambar 4.11 Tampilan Antarmuka Game Over 51 Saat pengguna menekan tombol bantuan pada menu utama, maka antarmuka yang ditampilkan oleh sistem adalah bantuan yang ditunjukan pada gambar 4-12. Gambar 4.12 Tampilan Antarmuka Bantuan 52 4.2 Pengujian Pengujian pada sistem yang baru dibangun dilakukan melalui dua tahap yaitu pengujian alpha (fungsional) dan pengujian betha. 

  1. Pengujian Alpha Metode yang digunakan dalam pengujian alpha adalah metode blackbox yang fokus pada persyaratan fungsional dari perangkat lunak yang dibangun.
  2.  Pengujian performance Metode yang digunakan dalam pengujian performance merupakan pengujian yang dilakukan terhadap kinerja atau respon perangkat keras. 
  3. Pengujian beta Metode yang digunakan dalam pengujian beta merupakan pengujian yang dilakukan secara objektif terhadap pengguna 4.2.1 Pengujian Alpha Pengujian dilakukan terhadap aplikasi untuk memastikan bahwa aplikasi berjalan dengan benar sesuai dengan kebutuhan dan tujuan yang diharapkan. Proses pengujian akan menggunakan Black Box Testing. 
4.2.1.1 Skenario Pengujian Aplikasi
Skenario pengujian menjelaskan pengujian terhadap sistem yang ada pada aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia ini. 1. Skenario Pengujian Menu Utama Berikut ini sekenario dari pengujian menu utama dapat dilihat pada tabel 4-6 dibawah ini. 53 Tabel 4.6 Skenario Pengujian Menu Utama Kelas Uji Butir Uji Jenis Pengujian Menu utama Tampilkan Menu utama Blackbox Tampilkan Edukasi Blackbox Tampilkan Bantuan Blackbox Klik tombol wisata Blackbox Klik tombol edukasi Blackbox Klik tombol bantuan Blackbox Klik tombol keluar Blackbox 2. Skenario Pengujian Pilih lokasi Berikut ini sekenario dari pengujian pilih lokasi dapat dilihat pada tabel 4-7 dibawah ini. Tabel 4.7 Skenario Pengujian Pilih lokasi Kelas Uji Butir Uji Jenis Pengujian Pilih lokasi Klik tombol bantuan Blackbox Klik tombol menu utama Blackbox Tampilkan Pilih lokasi Blackbox Tampilkan objek wisata Blackbox 54 3. Skenario Pengujian Kuis Berikut ini sekenario dari pengujian kuis dapat dilihat pada tabel 4-8 dibawah ini. Tabel 4.8 Skenario Pengujian Kuis Kelas Uji Butir Uji Jenis Pengujian Kuis Klik tombol main Blackbox Klik tombol kembali Blackbox Tampilkan kuis Blackbox Tampilkan pilihan jawaban Blackbox Klik tombol jawaban Blackbox 4. Skenario Pengujian Bantuan Berikut ini sekenario dari pengujian bantuan dapat dilihat pada tabel 4-9 dibawah ini. Tabel 4.9 Skenario Pengujian Bantuan Kelas Uji Butir Uji Jenis Pengujian Bantuan Tampilkan Bantuan Blackbox Klik tombol kembali Blackbox 5. Skenario Pengujian Keluar Berikut ini sekenario dari pengujian keluar dapat dilihat pada tabel 4-10 dibawah ini. Tabel 4.10 Skenario Pengujian Keluar Kelas Uji Butir Uji Jenis Pengujian Keluar Keluar aplikasi Blackbox

4.2.1.2 Butir Pengujian
Pengujian dilakukan dengan melakukan tes setiap use case dan memungkinkan kesalahan yang terjadi pada setiap proses. Pengujian ini dilakukan secara blackbox yaitu pengujian dilakukan dengan hanya memperhatikan masukan ke sistem dan keluaran sistem. 1. Pengujian Tampilkan Menu Utama Proses tampilkan menu utama merupakan proses dimana pengguna mengklik tombol-tombol yang ada pada tampilan menu. Hasil dari proses pengujian dapat dilihat pada tabel 4-11 dibawah ini Tabel 4.11 Pengujian Tampilan Menu Utama Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik wisata Sistem melakukan proses buka halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik edukasi Sistem melakukan proses buka halaman pilih edukasi Sistem menampilkan halaman kuis [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik bantuan Sistem melakukan proses buka halaman pilih bantuan Sistem menampilkan halaman bantuan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik keluar Sistem melakukan proses keluar aplikasi game Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak 2. Pengujian Tampilkan Pilih Lokasi Proses tampilkan pilih lokasi merupakan proses dimana pengguna mengklik tombol wisata yang ada pada tampilan menu. Hasil dari proses pengujian dapat dilihat pada tabel 4-12 dibawah ini 56 Tabel 4.12 Pengujian Tampilan Pilih Lokasi Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik home Sistem melakukan proses kembali ke menu utama Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik bantuan Sistem melakukan proses buka halaman pilih bantuan Sistem menampilkan halaman bantuan [  ] Diterima [ ] Ditolak Tabel 4.13 Pengujian Tampilan Pilih Lokasi (Objek Wisata) Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Aceh Sistem melakukan proses membuka halaman Aceh Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sumatra Utara Sistem melakukan proses membuka halaman Sumatra Utara Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sumatra Barat Sistem melakukan proses membuka halaman Sumatra Barat Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih [  ] Diterima [ ] Ditolak 57 lokasi Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Riau Sistem melakukan proses membuka halaman Riau Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Jambi Sistem melakukan proses membuka halaman Jambi Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Bengkulu Sistem melakukan proses membuka halaman Bengkulu Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sumatra Selatan Sistem melakukan proses membuka halaman Sumatra Selatan Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak 58 Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Bangka Belitung Sistem melakukan proses membuka halaman Bangka Belitung Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Lampung Sistem melakukan proses membuka halaman Lampung Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Banten Sistem melakukan proses membuka halaman Banten Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Jakarta Sistem melakukan proses membuka halaman Jakarta Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Jawa Barat Sistem melakukan proses membuka Sistem melakukan proses [  ] Diterima 59 halaman Jawa Barat yang diharapkan [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Jawa Tengah Sistem melakukan proses membuka halaman Jawa Tengah Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Yogyakarta Sistem melakukan proses membuka halaman Yogyakarta Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Jawa Timur Sistem melakukan proses membuka halaman Jawa Timur Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Bali Sistem melakukan proses membuka halaman Bali Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak 60 Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Kalimantan Barat Sistem melakukan proses membuka halaman Kalimantan barat Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Kalimantan Selatan Sistem melakukan proses membuka halaman Kalimantan selatan Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Kalimantan Tengah Sistem melakukan proses membuka halaman Kalimantan Tengah Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Kalimantan Barat Sistem melakukan proses membuka halaman Kalimantan Barat Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji 61 Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik NTB Sistem melakukan proses membuka halaman NTB Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik NTT Sistem melakukan proses membuka halaman NTT Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sulawesi Selatan Sistem melakukan proses membuka halaman Sulawesi Selatan Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sulawesi Barat Sistem melakukan proses membuka halaman Sulawesi Barat Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sulawesi Tengah Sistem melakukan proses membuka halaman Sulawesi Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak 62 Tengah Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sulawesi Tenggara Sistem melakukan proses membuka halaman Sulawesi Tenggara Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Gorontalo Sistem melakukan proses membuka halaman Gorontalo Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Sulawesi Utara Sistem melakukan proses membuka halaman Sulawesi Utara Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Maluku Utara Sistem melakukan proses membuka halaman Maluku Utara Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak 63 Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Maluku Sistem melakukan proses membuka halaman Maluku Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Papua Barat Sistem melakukan proses membuka halaman Papua Barat Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Papua Sistem melakukan proses membuka halaman Papua Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik Kembali Sistem melakukan proses kembali ke halaman pilih lokasi Sistem menampilkan halaman pilih lokasi [  ] Diterima [ ] Ditolak 3. Pengujian Tampilkan Kuis Proses tampilkan kuis merupakan proses dimana pengguna mengklik tombol edukasi yang ada pada tampilan menu. Hasil dari proses pengujian dapat dilihat pada tabel 4-13 dibawah ini. 64 Tabel 4.14 Pengujian Tampilan Kuis Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Edukasi Sistem melakukan proses buka halaman kuis Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik tombol kembal Sistem melakukan Proses kembali buka halaman menu utama Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak 4. Pengujian Main Kuis Proses main kuis merupakan proses dimana pengguna mengklik tombol mulai yang ada pada tampilan quis. Hasil dari proses pengujian dapat dilihat pada tabel 4-14 dibawah ini Tabel 4.15 Pengujian Main Kuis Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik Mulai Sistem melakukan proses memulai kuis Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak 5. Pengujian Pilih Jawaban Proses pilih jawaban merupakan proses dimana pengguna mengklik tombol jawaban pada setiap pertanyaan. Hasil dari proses pengujian jawaban benar dan salah dapat dilihat pada tabel 4-15 dan 4-16 dibawah ini Tabel 4.16 Pengujian Pilih Jawaban Kasus dan Hasil Uji (jawaban benar) Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik jawaban benar 1. Peringatan suara benar Peringatan suara benar terdengar [  ] Diterima [ ] Ditolak 65 2. Skor bertambah 10 poin 3. Lanjut soal berikutnya Skor bertambah 10 poin Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak [  ] Diterima [ ] Ditolak Tabel 4.17 Pengujian Pilih Jawaban Kasus dan Hasil Uji (jawaban salah) Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik jawaban salah 1. menampilkan pesan jawaban salah 2. skor berkurang 5 poin 3. Lifebar berkurang 1 bar Sistem menampilkan pesan jawaban salah Skor berkurang 5 poin Sistem mengurangi lifebar 1 bar [  ] Diterima [ ] Ditolak [  ] Diterima [ ] Ditolak [  ] Diterima [ ] Ditolak 6. Pengujian Tampilkan Bantuan Proses tampilkan bantuan merupakan proses dimana pengguna mengklik tombol bantuan yang ada pada tampilan menu. Hasil dari proses pengujian dapat dilihat pada tabel 4-17 dibawah ini Tabel 4.18 Pengujian Tampilan Bantuan Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik bantuan Sistem melakukan proses buka halaman bantuan Sistem menampilkan halaman bantuan [  ] Diterima [ ] Ditolak Klik tombol kembali Sistem melakukan proses kembali buka Sistem melakukan proses [  ] Diterima 66 halaman menu utama yang diharapkan [ ] Ditolak 7. Pengujian Keluar Aplikasi Proses keluar aplikasi merupakan proses dimana pengguna mengklik tombol keluar yang ada pada tampilan menu. Hasil dari proses pengujian dapat dilihat pada tabel 4-18 dibawah ini Tabel 4.19 Pengujian Keluar Aplikasi Kasus dan Hasil Uji Masukan Yang Diharapkan Pengamatan Kesimpulan Klik keluar Sistem melakukan proses keluar aplikasi game Sistem melakukan proses yang diharapkan [  ] Diterima [ ] Ditolak

4.2.2 Kesimpulan Pengujian Alpha Dari hasil pengujian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa sistem sudah berjalan sesuai dengan yang diharapkan beserta proses penanganan kesalahannya. Secara fungsional sistem sudah dapat menghasilkan keluaran yang diharapkan.

4.2.3 Pengujian Performance Pengujian performance adalah pengujian yang dilakukan terhadap kinerja atau respon perangkat keras. Dalam pengujian umum yang dilakukan untuk menentukan bagaimana sistem melakukan dalam hal respon dan stabilitas di bawah beban kerja tertentu. Hal ini juga dapat berfungsi untuk menyelidiki, mengukur, memvalidasi atau memverifikasi atribut kualitas lain dari sistem, seperti skalabilitas, kehandalan dan penggunaan sumber daya. Pengujian performance sistem dari program uji model aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia ini dilakukan dengan menggunakan perangkat 67 komputer dengan spesifikasi yang berbeda – beda. Hasilnya permainan ini dapat berjalan dengan baik di komputer manapun dengan kecepatan processor, RAM, VGA dan sistem operasi yang berbeda – beda. Kualitas gambar, suara, tampilan warna, kecepatan akses dapat berjalan dengan normal. Adapun data komputer yang digunakan untuk pengujian performance sistem aplikasi game edukasi pariwisata Indonesia yang telah dilakukan sebagai berikut : Tabel 4.20 Pengujian Performance No Processor RAM VGA Sistem Operasi Keterangan 1. Intel P4 2.44 Ghz 512 Mb 128 bit Windows XP SP 2 Aplikasi dapat berjalan 2. Intel P4 3.22 Ghz 512 Mb 128 bit Windows XP SP 2 Aplikasi dapat berjalan 3. AMD Sempron 2600+ 256 Mb 64 bit Windows XP SP 2 Aplikasi dapat berjalan 4. Intel Core2Duo 2 Ghz 2 Gb 128 bit Windows XP SP 2 Aplikasi dapat berjalan 5 AMD Turion 64 X2 1 Gb 128 bit Windows Vista Aplikasi dapat berjalan

4.2.4 Pengujian Beta
Pengujian beta merupakan pengujian yang dilakukan secara objektif, dimana dilakukan pengujian secara langsung terhadap pengguna dengan menggunakan kuisioner mengenai kepuasan pengguna atas aplikasi yang telah dibangun. Adapun metode penilaian pengujian yang digunakan adalah metode kuantitatif berdasarkan data dari pengguna. Pengujian dilakukan pada 15 siswa sekolah dasar dan sekolah menengah pertama yang berumur 10-16 tahun dan setiap siswa diberikan 5 sampel pertanyaan .

4.2.4.1 Pertanyaan Pengguna Adapun pertanyaan yang diajukan dalam kuisioner untuk pengguna aplikasi ini adalah sebagai berikut : 1. Menurut adik-adik, apakah informasi wisata yang disajikan mudah dipahami? a. Sangat mudah b. Mudah c. cukup d. Sulit e. Sangat sulit 2. Menurut adik-adik, apakah informasi wisata yang disajikan dapat memberikan …pengetahuam tambahan tentang tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia? a. Setuju b. Kurang setuju c. Cukup setuju d. Tidak setuju e. Sangat tidak setuju 3. Menurut adik-adik, apakah aplikasi ini ada manfaatnya untuk belajar mengenai …wisata alam di Indonesia? a. Sangat bermanfaat b. Bermanfaat c. Cukup bermanfaat d. Kurang bermanfaat e. Tidak bermanfaat 69 4. Menurut adik-adik, dari segi cara penggunaan aplikasi ini apakah mudah ….digunakan? a. Sangat mudah digunakan b. Mudah digunakan c. Cukup mudah digunakan d. Sulit digunakan e. Sangat sulit digunakan 5. Menurut adik-adik, apakah yang perlu diperbaiki dari aplikasi ini? a. Soal b. Tampilan c. Tambahan Suara d. Tambahan Animasi e. Tambahan Fitur

4.2.4.2 Rumus Pengujian Beta Berdasarkan data hasil kuisioner tersebut, dicari prosentase masing-masing jawaban dengan menggunakan rumus R=P/Q*100%, dimana : P = Banyaknya jawaban responden tiap soal Q = Jumlah responden R = Nilai prosentase

4.2.4.3 Hasil Kuisioner Menurut adik-adik, apakah informasi wisata yang disajikan mudah dipahami? Tabel 4.21 Hasil Kuisioner Kemudahan Memahami Materi No Jawaban Responden Prosentase (%) 1 Sangat Mudah 5 33% 2 Mudah 7 47% 70 3 Cukup 3 20% 4 Sulit 0 0% 5 Sangat Sulit 0 0% Menurut adik-adik, apakah informasi wisata yang disajikan dapat memberikan pengetahuam tambahan tentang tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia? Tabel 4.22 Hasil Kuisioner Info Wisata No Jawaban Responden Prosentase (%) 1 Setuju 8 53% 2 Kurang setuju 0 0% 3 Cukup setuju 7 47% 4 Tidak setuju 0 0% 5 Sangat tidak setuju 0 0% Menurut adik-adik, apakah aplikasi ini ada manfaatnya untuk belajar mengenai wisata alam di Indonesia? Tabel 4.23 Hasil Kuisioner Manfaat Aplikasi No Jawaban Responden Prosentase (%) 1 Sangat bermanfaat 2 14% 2 Bermanfaat 5 33% 3 Cukup bermanfaat 8 53% 4 Kurang bermanfaat 0 0% 5 Tidak bermanfaat 0 0% Menurut adik-adik, dari segi cara penggunaan aplikasi ini apakah mudah digunakan? Tabel 4.24 Hasil Kuisioner Penggunaan Aplikasi 71 No Jawaban Responden Prosentase (%) 1 Sangat mudah digunakan 12 79% 2 Mudah digunakan 1 7% 3 Cukup mudah digunakan 1 7% 4 Sulit digunakan 1 7% 5 Sangat sulit digunakan 0 0% Menurut adik-adik, apakah yang perlu diperbaiki dari aplikasi ini? Tabel 4.25 Hasil Kuisioner Perbaikan Aplikasi No Jawaban Responden Prosentase (%) 1 Soal 7 47% 2 Tampilan 0 0% 3 Tambahan Suara 2 14% 4 Tambahan Animasi 4 25% 5 Tambahan Fitur 2 14% 4.2.5 Kesimpulan Pengujian Beta Hasil dari pengujian beta untuk kemudahan memahami materi menunjukan bahwa responden mudah dalam memahami materi yang di sajikan, kemudian untuk Info wisata responden cukup mendapatkan informasi dan pengetahuam tambahan tentang tempat-tempat wisata yang ada di Indonesia dan untuk manfaat aplikasi responden menjawab cukup ada manfaatnya untuk belajar mengenai wisata alam di Indonesia dan untuk cara penggunaan aplikasi responden mudah menggunakan aplikasi ini dan untuk perbaikan aplikasi jawaban dari responden beragam dari mulai perbaikan soal, perbaikan animasi, penampahan fitur dan juga suara. 72 Kemudian dari keseluruhan pengujian beta dapat disimpulkan bahwa aplikasi yang telah dibangun dapat membantu pengguna dan cukup mudah digunakan.
Blog, Updated at: 07.05.00

0 komentar:

Posting Komentar