Pengertian Fitness Center (Pusat Kebugaran)

Posted By frf on Rabu, 15 Februari 2017 | 07.26.00

1. Fitness Center (Pusat Kebugaran)
Dalam Bahasa Inggris fitness center berasal dari kata fitness dan center, yang dalam Bahasa Indonesia fitness artinya kebugaran dan center artinya pusat, jadi fitness center adalah pusat kebugaran. 

Menurut Giriwijoyo (2004:36): “pusat kebugaran adalah suatu kegiatan dalam ruangan dengan menawarkan kegiatan olahraga dari yang tanpa menggunakan alat, sampai yang menggunakan alat-alat yang mahal dan canggih, yang diantaranya bertujuan prestasi.”

Kemudian Hanafi (1997:9) menjelaskan bahwa: “pusat kebugaran adalah tempat olahraga dalam ruangan yang menawarkan berbagai program latihan kebugaran dengan fasilitas dan peralatan yang mutakhir”.

Dikarenakan usaha ini bergerak di bidang jasa, maka para pelaku usaha ini pasti bersaing dalam menarik pelanggan sebanyak-banyaknya dan berupaya untuk meningkatkan kepuasan pelanggannya, hal ini dilakukan dengan cara menawarkan pelayanan yang bervariasi diantaranya penyediaan sarana dan prasarana yang lengkap dan nyaman hingga penyediaan jasa personal trainer atau instruktur. Upaya-upaya yang telah disebutkan sebelumnya dilakukan oleh pengelola merupakan salah satu cara untuk menciptakan kepuasan pelanggan sehingga pelanggan dapat tertarik menggunakan fasilitas yang disediakan oleh pengelola.

Mengenai sejarah fitness center, Almiriasari (2004:44) menjelaskan bahwa: “...sejak tahun 1950 telah berdiri sebuah fitness center yang masih aktif sampai sekarang, walaupun pada waktu itu kegiatannya hanya terfokus pada hal prestasi olahraga binaraga, angkat besi dan beladiri saja”.

Memang awalnya olahraga fitness dikenal sebagai olahraga angkat besi atau olahraga binaraga yang pada saat itu olahraga ini identik dengan orang-orang yang bertubuh besar dengan massa otot yang besar dan kuat, tetapi seiring dengan perkembangan zaman dan berubahnya kebutuhan di masyarakat terhadap olahraga ini, sehingga ada perubahan persepsi masyarakat tentang olahraga fitness, yaitu anggapan bahwa olahraga fitness hanya bertujuan untuk membentuk tubuh menjadi besar dan berotot saja, melainkan sudah banyak anggota masyarakat yang menganggap bahwa olahraga fitness adalah salah satu olahraga yang dapat dijadikan sebagai gaya hidup sehat. Seperti yang diungkapkan Ade Rai pada bukunya yang berjudul “Tingkatkan Fitness IQ Anda (2009:1)” yaitu “fitness adalah gaya hidup yang memiliki 3 elemen dasar yakni olahraga teratur, nutrisi teratur dan istirahat teratur”. Jadi secara tidak langsung olahraga ini pun telah merubah kebiasaan atau pola hidup masyarakat menjadi pola hidup sehat dengan olahraga.

Angkat Besi (OLAHRAGA)

Fitness Center merupakan salah satu produk dari industri yang menghasilkan jasa, Kotler and Keller (2006: 372) mengemukakan pengertian jasa (service) sebagai berikut: “A service is any act or performance that one party can offer to another that is essentially intangible and does not result in the ownership of anything. Its production may or may not be tied to a physical product”. (Jasa adalah setiap tindakan atau kinerja yang ditawarkan oleh satu pihak ke pihak lain yang secara prinsip tidak berwujud dan tidak menyebabkan perpindahan kepemilikan. Produksi jasa dapat terikat atau tidak terikat pada suatu produksi fisik).

Selanjutnya Stanton (2002: 537) mengemukakan definisi jasa sebagai berikut: “Service are identifiable, intangible activities that are the main object of a transaction designed to provide want-satisfaction to customers. By this definition we exclude supplementary service that support the sale of goods or other services. (Jasa adalah aktifitas tidak berwujud yang diidentifikasi sebagai obyek utama dari bentuk transaksi yang menyediakan kepuasan kepada pelanggan). 

Jasa pada dasarnya adalah seluruh aktifitas ekonomi dengan output selain produk dalam pengertian fisik, dikonsumsi dan diproduksi pada saat bersamaan memberikan nilai tambah dan secara prinsip tidak berwujud bagi pembeli pertamanya.

Berdasarkan beberapa definisi diatas maka dapat disimpulkan bahwa jasa adalah sesuatu yang mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:
  1. Suatu yang tidak berwujud, tetapi dapat memenuhi kebutuhan pelanggan
  2. Proses produksi jasa dapat menggunakan atau tidak menggunakan bantuan suatu produk fisik
  3. Jasa tidak mengakibatkan peralihan hak atau kepemilikan
  4. Terdapat interaksi antara penyedia jasa dengan pengguna jasa.
Mengingat kunci keberhasilan yang utama bagi setiap perusahaan khususnya perusahaan jasa adalah kepuasan pelanggan, maka kualitas pelayanan adalah merupakan prioritas utama yang harus ditingkatkan dan dipelihara, karena melalui pelayananlah pelanggan dapat merasakan kepuasan yang dan ketidakpuasan. Oleh karena itu dalam rangka meningkatkan kepuasan pelanggan, maka kesenjangan antara harapan dan kinerja nyata yang dirasakan oleh pelanggan mengenai atribut-atribut yang dianggap penting oleh pelanggan harus diusahakan sekecil mungkin. Kepuasan pelanggan hanya dapat tercapai jika kinerja perusahaan dapat memenuhi harapan mereka.

2. Kategori Fitness Center
Berdasarkan kelengkapan fasilitasnya fitness center dapat dibagi menjadi 3 kategori, yaitu:
1. Fitness Center Kategori Satu (fitness center kecil/golongan satu)
Terdapat fasilitas berupa area fitness dan senam. Alat-alat fitness yang tersedia umumnya sangat simple, tidak mewah, dan desain interior ruangannya sangat biasa atau tidak di desain sama sekali. Biasanya hanya terdapat alat kardio seperti satu atau dua alat treadmill dan sepeda stationer dan satu set peralatan weight training dan dumble. Tidak ada sauna, tidak ada whirlpool, dan tanpa ruangan massage. Contoh: Body Fit Station, Daan Mogot Mall, Jl. Daan Mogot Km. 16, Jakarta Barat.

2. Fitness Center Kategori Dua
Dari segi alat golongan dua hampir sama dengan fitness center golongan satu tetapi ditambah dengan sauna dan ruang massage.

3. Fitness Center Kategori Tiga
Kategori ini dianggap paling lengkap. Selain terdapat sauna, spa, dan aromatheraphy serta whirlpool. Alat-alat fitness tersedia cukup banyak, lengkap dan berkualitas. Biasanya alat yang dikelompokkan misalnya untuk tubuh bagian atas, kaki, dan tubuh bagian bawah. Hampir semua fitness center memiliki loker, ruang ganti, dan kamar mandi dengan shower. Fitness center juga dilengkapi dengan fasilitas kolam renang sehingga tempat ini juga disebut Health Club. Contoh: Fitness First, Celebrity Fitness, Gold’s Gym, Klub Ade Rai, dan lain-lain.

3. Jenis Aktifitas Fitness
Pada umumnya program fitness bertujuan untuk mencapai kebugaran puncak dan pembentukan tubuh yang ideal, meliputi:

· Lima Tahap Program Fitness
Suatu dasar program umum untuk mendapat hasil secara aman pada latihan-latihan sesuai yang diharapkan, yang terdiri dari:
  1. Pemanasan (Warm-up)
  2. Pembakaran kalori (Aerobic)
  3. Kelenturan
  4. Pembentukan serta penguatan tubuh secara total
  5. Pendinginan
· Body Sclupting
Program untuk para anggota yang ingin memiliki tubuh yang ideal dan simetri dengan “Total Body Work-Out” dengan hasil:
  1. Pengencangan (pemadatan otot) tertentu
  2. Penambahan ukuran (Hypertrophy) khusus para binaragawan (Body Builders)
  3. Khusus program bagi ibu-ibu setelah melahirkan
· Explosive Power
Program untuk memperoleh tenaga lebih yang diberikan kepada:
1. Atlet-atlet Weight Lifter
Atlet angkat besi yang bersaing untuk mengangkat beban berat yang disebut dengan barbel, yang dilakukan dengan kombinasi dari kekuatan, fleksibilitas, konsentrasi, kemampuan, disiplin (sangat penting), atletis, fitnes, teknik, mental dan kekuatan fisik. Kata "angkat besi" biasanya secara tidak resmi digunakan sebagai latihan beban. 

2. Pesenam
Atlet senam yang melakukan cabang olahraga yang melibatkan performa gerakan yang membutuhkan kekuatan, kecepatan dan keserasian gerakan fisik yang teratur. Bentuk modern dari senam ialah palang tak seimbang, balok keseimbangan, senam lantai. 

3. Pegulat atau sumo
Atlet gulat atau sumo yang melakukan kontak fisik antara dua orang, di mana salah seorang pegulat harus menjatuhkan atau dapat mengontrol musuh mereka. Teknik fisik yang ditunjukkan dalam gulat adalah joint lock, Clinch fighting, Grappling hold, dan Leverage. Teknik ini dapat menyebabkan luka yang serius. Banyak gaya gulat yang diketahui dunia dan mempunyai sejarah yang panjang, dan olahraga gulat sudah menjadi olahraga olimpik lebih dari 100 tahun. 

4. Atlet tolak peluru
Tolak peluru adalah salah satu cabang olahraga atletik. Atlet tolak peluru melemparkan bola besi yang berat sejauh mungkin. Berat peluru:
  • Untuk senior putra = 7.257 kg
  • Untuk senior putri = 4 kg
  • Untuk junior putra = 5 kg
  • Untuk junior putri = 3 kg
· Program Ketahanan Tubuh (Endurance)
Program untuk para anggota yang ingin mendapatkan daya tahan tubuh tanpa memiliki kelelahan yang berat, sekaligus memperbesar metabolisme dan pembakaran kalori tinggi. Anggota akan diarahkan pada peralatan Cardio Machine:
1. Low Impact
Dengan intensitas dan impact pada persendian yang lebih rendah seperti pilates, stretching, yoga, les mills body balance, dan lain-lain.
  • Pilates adalah salah satu bentuk latihan gerak tubuh (olahraga) yang dikembangkan oleh Joseph Pilates. Olahraga ini menekankan keseimbangan tubuh melalui core strength (kekuatan inti atau kekuatan pusat: kekuatan seimbang dari otot-otot dalam dan luar tubuh yang menstabilkan, meluruskan, dan menggerakkan batang tubuh, terutama bagian perut dan otot belakang); kelenturan; dan kesadaran agar efisien dalam pergerakan yang anggun. Latihan ini difokuskan untuk kelenturan serta fleksibilitas seluruh bagian tubuh. Olahraga ini dapat memperbaiki postur tubuh yang kurang sempurna dan juga dapat memperbaiki masalah-masalah yang berhubungan dengan kelainan tulang belakang. (sumber: duniafitnes.com)
  • Stretching adalah bentuk dari penguluran atau peregangan pada otot-otot di setiap anggota badan agar dalam setiap melakukan olahraga terdapat kesiapan serta untuk mengurangi dampak cedera yang sangat rentan terjadi. Kegiatan ini bertujuan untuk membuat otot dan persendian menjadi fleksibel dan elastis. (sumber: yukez.wordpress.com)
  • Yoga adalah kegiatan olahraga yang mengedepankan kontrol atas aktivitas-aktivitas tubuh, indra, dan pikiran. Yoga dapat mengolah tubuh untuk mengatasi stres, depresi, lelah, dan nyeri punggung. Ada 8 tahapan yoga yaitu yama, niyama, asana, pranayama, pratyahara, dharana, dhyana, samadhi. (sumber: carapedia.com)
  • Les Mills Body Balance adalah olahraga yang menggabungkan unsur serta gerakan Yoga, Tai Chi, dan Pilates. Olahraga ini mengontrol pernafasan, konsentrasi, dan men-struktur dari peregangan dan pergerakan untuk membangun kekuatan, fleksibilitas agar terjadi keharmonisan dan keseimbangan tubuh.
2. High Impact
Dengan intensitas dan impact pada persendian yang lebih tinggi, seperti kelas-kelas Aerobik Freestyle, Spinning/RPM, Body Combat, Body Pump, dan lain-lain.
- Aerobik Freestyle adalah olahraga aerobik di mana instruktur kelompok melakukan beberapa kombinasi koreografi tari pendek dan mengajarkan mereka dalam kelas aerobik. Hal ini biasanya dicapai dengan mengajarkan gerakan 1-2 pada satu waktu dan mengulangi gerakan koreografi sampai seluruh peserta dapat bergabung mem-praktekkan bersama-sama. Musik aerobik digunakan di dalam kelas. Hal ini kadang-kadang diikuti dengan kegiatan yang menggunakan latihan berat badan untuk memperkuat otot-otot dan peregangan rutin untuk mendinginkan dan meningkatkan fleksibilitas. Durasi dalam kelas biasanya 30-60 menit termasuk penggunaan peralatan seperti barbel, aerobic step, atau bobot kecil. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan kebugaran aerobik, fleksibilitas dan kekuatan. (sumber: id.prmob.net)

- Spinning atau RPM (Revolutions Per Minute atau Rotasi Per Menit) adalah olahraga aerobik intens dalam ruangan menggunakan sepeda statis yang diiringi musik dengan variasi beat dan kata-kata penuh motivasi dari instruktur. Berlatih Spinning memiliki beragam manfaat. Yang terpenting, membakar kalori (sehingga sangat cocok bagi orang yang ingin menurunkan berat badan), memperkuat otot jantung, mengencangkan otot paha, pantat, betis, dan pinggul, serta otot-otot upper body layaknya bahu, punggung, hingga perut (abdominal). 

Setidaknya ada enam gerakan utama dalam latihan spinning, yaitu Seated Flat, Standing, Jump, Hover, Sprint dan Body Move. Seated Flat dilakukan dengan duduk dan memegang stang (handle) seperti naik sepeda biasa. Posisi Standing adalah mengayuh dengan posisi berdiri. Sementara Jump adalah kombinasi antara Seated Flat dan Standing. Perbedaan Hover hanya dalam memegang stang, posisi tangan lebih membungkuk, sehingga akan menekan otot pantat, pinggang belakang, dan punggung. Posisi ini sangat terasa pada otot upper body, terutama saat beban ditambah (persis seperti menaiki sepeda dengan kondisi menanjak). Posisi body move lebih memanfaatkan semua otot tubuh. Latihan ini jarang sekali dilakukan oleh instruktur karena sangat berat. Biasanya teknik ini akan membuat peserta mengangkat pantat dari dudukan (saddle) karena beban yang berat. Selain variasi gerakan, pegangan pun bisa beragam. Ada flat (biasa, tepat di depan dada), wide (agak ke samping), climb (menanjak, sedikit di atas posisi pegangan wide), close to head (stang di atas, sehingga badan lebih membungkuk) dan hover (lebih membungkuk karena posisi stang agak di bawah). (sumber: lifestyle.okezone.com)

- Body Combat adalah salah satu dari kelas kebugaran yang menggabungkan seni bela diri dari seluruh dunia. Body Combat terinspirasi ilmu bela diri seperti Taijiquan, Muay Thai, Taekwondo, Kungfu dan Karate. Biarpun mengusung nama besar ilmu bela diri namun peserta kelas Body Combat tidak diharuskan memiliki stamina ataupun ketahanan otot bak atlet dan tidak memiliki gerakan kontak fisik seperti bela diri umumnya. Karena Body Combat adalah kelas dimana peserta mengatur sendiri intensitas gerakan maka keamanan serta keberhasilan semua tergantung kepada peserta. Body Combat seperti olah raga tipe aerobik lainnya memiliki keuntungan meningkatkan kerja jantung dan mengurangi resiko penyakit jantung. Body Combat juga melatih keseimbangan badan, koordinasi serta kecepatan. Karena membakar banyak kalori Body Combat tentunya menaikkan tingkat kepercayaan diri peserta karena membantu pembakaran lemak serta membentuk otot. (sumber: lifestyle.okezone.com)

- Body Pump adalah cara tercepat dan terbaik dalam membakar lemak sekaligus membentuk otot-otot tubuh. Kelas ini mengkondisikan dan melatih otot-otot tubuh dengan beban yang dapat disesuaikan dengan kemampuan bagian tubuh yang dilatih. Olahraga ini cocok dan sempurna bagi pria maupun wanita. Pemilihan musik dan koreografi akan membuat anda semakin bersemangat mengikuti kelas ini. Kelebihan dari kelas Body Pump adalah Anda dapat mengatur beban yang digunakan, mulai dari 0.5 kg, 1.25 kg, 2.5 kg, sampai 5 kg. Dalam latihan ini, dapat memilih beban yang akan digunakan dan juga dapat mengkombinasikan beban-beban tersebut. Hal pertama yang dilakukan dilatihan ini adalah pemanasan. Hal ini untuk mendapatkan seluruh tubuh bergerak sehingga hanya menggunakan beban ringan. Kemudian bagian besar seperti kaki, dada dan punggung akan dilatih setelah pemanasan, nagian tersebut adalah otot besar sehingga memerlukan bobot sedikit lebih besar. Beban yang digunakan antara 10 kg – 30 kg. Trisep, bisep dan bahu adalah otot-otot tangan, bagian ini merupakan otot kecil, jadi tidak perlu beban terlalu berat untuk melatihnya, cukup 5 kg – 10 kg. Bagian perut juga dapat dilatih untuk membantu mendukung dan memperkuat postur inti Anda. Bagian terakhir dalam latihan Body Pump adalah pendinginan, bagian ini penting setelah latihan keras untuk meregangkan otot-otot, karena akan meningkatkan fleksibilitas dan mengurangi resiko rasa nyeri otot atau cedera. (sumber: lifestyle.kompasiana.com)

3. Tae Bo
Sistem kebugaran tubuh total yang menggabungkan teknik Martial Arts seperti menendang dan meninju. Tae Bo dirancang sebagai berbagai jenis aerobik dan konsep latihan kardio yang difokuskan pada jiwa, pikiran dan tubuh sehingga Tae Bo bermanfaat secara fisik dan mental. Latihan ber-intensitas tinggi ini dimaksudkan untuk meningkatkan kebugaran kardiovaskular, kekuatan, daya tahan otot dan fleksibilitas.

4. Aqua Aerobic
Latihan aerobik yang dilakukan di kolam renang di mana dibekali persediaan air dan penambahan resistansi. Dengan intensitas dan dampak yang rendah pada tubuh, aqua aerobic ini sangat menguntungkan untuk latihan bagi yang kelebihan berat badan, lansia, pasca-medis, dan berolahraga saat hamil.

5. Step Reebok
Step Reebok adalah salah satu latihan terbaik yang dapat dilakukan untuk mendapatkan kebugaran kardiovaskular, pembentukan otot tubuh bagian bawah, dan pembakaran kalori. Latihan ini memiliki tiga tingkat ketinggian yang dapat disesuaikan untuk variasi intensitas latihan. 

6. Pengurangan Berat Badan (Lose Weight)
Pengurangan berat badan dengan cara yang menyenangkan. Programnya berupa pelayanan pengukuran, penimbangan badan serta mendapatkan program “Lose Weight” dikombinasikan dengan pemakai alat dan non-alat serta pengarahan (konsultasi) nutrisi.

7. Kelenturan serta Relaksasi (Flexibility and Relaxation)
Suatu latihan kelenturan dan relaksasi dimana akan diberikan latihan secara individu maupun kelompok baik sebelum maupun sesudah berlatih.

8. Khusus para atlet
Program bagi para atlet-atlet yang ingin meningkatkan prestasi akan diberikan program khusus sesuai dengan cabang olahraganya:
  • Sepak bola
  • Selancar
  • Judo
  • Badminton
  • Senam 
  • Tenis 
  • Squash
  • Atletik, dan lain-lain.
4. Fasilitas Peralatan Fitness
Peralatan fitness yang biasa digunakan untuk menunjang berbagai program fitness antara lain:
· Cardio Machine (Computerized)
  1. Life Fitness Product (Life Cycle, Life Step, Life Rower, Life Stride)
  2. Star Trac (Treadmill, Elliptical)
Treadmill : Sebuah mesin fitness dengan jalur yang bergerak di mana seseorang berjalan tanpa bergerak maju. Alat ini dapat melatih kemampuan kardiovaskular, membakar kalori dan dapat melangsingkan tubuh bila dilakukan dalam porsi yang tepat.

Elliptical : Salah satu mesin fitness yang melatih otot tubuh bagian bawah dan atas dengan mengkombinasikan gerakan jalan dan mendaki tangga. Latihan dengan menggunakan mesin ini dapat mengencangkan otot-otot tubuh serta membakar kalori dan lemak.

3. Cybex (Cycle, Bike)
Cybex merupakan merek berkualitas tinggi alat treadmill, alat treadmill yang dimaksudkan adalah mesin fitness bersepeda (cycle/bike), mesin ini melatih otot tubuh bagian bawah seperti perut, kaki. Latihan dengan menggunakan mesin ini dapat membakar kalori dalam jumlah besar.

4. Reebok (Sky Walker)
  • Exercise Machine
  • Cybex
  • Pasific
  • Vectra
  • Paramount
  • Keiser (Hydraulic System)
Beberapa alat kebugaran yang pernah disediakan untuk konsumen:
  • Treadwall : Alat yang dibuat seolah sedang memanjat tebing yang dapat diatur kemiringan dan kecepatannya. Alat ini baik untuk kesehatan kardiovaskular, kekuatan otot, koordinasi dan stabilitas
  • Bosu : Singkatan dari both sides up. Bentuknya seperti bola besar yang dibagi dua bagian. Alat ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan.
  • Pilates Rings : Bentuknya seperti cincin dengan diameter 35 cm. Bagian luar lingkaran terbuat dari bahan plastik yang lentur, di bagian dalamnya terdapat besi yang juga lentur. Alat ini bermanfaat untuk melatih ketahanan tubuh yang diperoleh menekan lingkarannya ke arah dalam maupun ke luar.
  • Foam Rollers : Bentuknya seperti tabung silinder, dengan panjang 45 cm dan diameter 14 cm, empuk dan ringan. Alat ini bermanfaat untuk melatih keseimbangan, batang tubuh, peregangan, relaksasi, dan rehabilitasi.
  • Kettlebell : Bentuknya mirip anting hidung sapi yang dibuat dari besi. Alat ini bermanfaat untuk melatih fleksibilitas, ketahanan kardiovaskular, dan mencegah nyeri punggung.
  • Kinesis : Konsep dari alat ini adalah meniru gerakan yang biasa dilakukan sehari-hari menjadi suatu bentuk latihan yang meliputi peregangan, resistensi, kekuatan dan lain sebagainya. Alat ini bermanfaat untuk mengencangkan otot.
  • Power Jump : Kelas aerobic menggunakan trampoline. Alat ini dapat digunakan selama satu jam dengan berat 100 kg. Alat ini bermanfaat untuk mengencangkan otot perut, mengurangi berat badan.
  • Gravity Training System : Bentuk alat ini seperti dipan, bisa bergerak bebas dan salah satu sisinya bisa dinaikkan. Selain menggunakan berat badan sendiri dan gravitasi bumi, alat ini juga bermanfaat untuk orang cedera serta melatih otot secara bersamaan. Disamping melatih kardiovaskular, alat ini juga bisa melatih kekuatan.
  • Body Vive : Latihan Low-impact, kombinasi antara aerobic, kekuatan, elemen dari yoga, dan tai-chi. Alat ini bermanfaat untuk kardiovaskular, fungsional strength, care and restore.
  • Mesin Selectorized dan Kabel : Mesin ini menawarkan tubuh mengikuti gerakan yang telah ditentukan. Sangat praktis bagi yang ingin menghemat waktu dan tenaga karena beban angkatan bisa langsung ditentukan dengan mencolokkan pin pada beban yang diinginkan dan tidak melibatkan bongkar pasang piringan beban.
  • Mesin Plate-loaded : Mesin ini menawarkan tubuh mengikuti gerakan yang telah ditentukan. Melibatkan bongkar pasang piringan beban dan cukup efektif karena menawarkan kenyamanan tetapi gerakannya mirip gerakan dengan menggunakan beban lepas (free-weights).
  • Dumbell : Dumbell adalah beban lepas yang bisa digenggam satu pada masing-masing tangan. Lebih pendek dan kecil. Hanya dengan menggunakan dumbell, kita bisa melatih seluruh otot rangka utama tubuh kita.
  • Barbell : Barbell adalah bilah besi panjang (beban lepas) yang kedua ujungnya bisa diisikan beban.
  • Plate : Plate adalah piringan beban yang tersedia untuk mengisi beban pada barbell, beberapa dumbell konvensional, dan mesin plate-loaded. Tersedia dari beban 1,25 kg hingga 20 kg.
Peralatan fitness dapat dikelompokkan menjadi 2 jenis berdasarkan penggunaannya, yaitu: 
Alat Fitness Komersial 
Alat fitness komersial, biasa kita jumpai di fitness center atau tempat-tempat kebugaran, karena dapat dipakai dengan cara menyewa atau menggunakan kartu member, maka alat fitness ini tergolong alat fitness komersial. Biasanya alat ini memiliki fungsi yang berbeda tiap masing-masing alatnya (single station), misalnya yang konsentrasi untuk membentuk otot lengan, otot betis, membentuk perut, membantu pernapasan dan lain sebagainya. Jenis-jenis alat fitness komersial diantaranya:

- Butterfly machine
Untuk melatih otot Pectoralis (otot dada) terutama bagian tengah. Cara penggunaannya yang membuka ke arah depan dan belakang, mirip kepakkan sayap kupu-kupu, maka alat ini disebut butterfly machine. Ini merupakan salah satu alat favorit penggemar fitness. 

- Chest Press Machine
Untuk melatih otot dada bagian tengah (Pectoralis). Fokus latihannnya dengan arah mendorong ke depan. Keunggulannya adalah bentuk pegangannya yang memungkinkan gaya dorong secara vertikal atau horisontal dan memberikan efek tekanan yang berbeda pada otot dada.

- Leg Press, Leg Extention dan Leg curl
Untuk melatih otot Quadriceps dan Vastus Medialis (otot paha). Alat ini hampir selalu ada di berbagai fitness center, bisa dikatakan alat wajib fitness centre. Untuk leg press ukuran kecil.

- Rowing Machine
Untuk melatih otot punggung/sayap (trapecius). Alat yang dilengkapi dengan plate beban internal seberat ±75 kg, dengan ketebalan besi baja ±2 mm ini juga merupakan alat wajib untuk fitness center.

- Bench press
Untuk melatih otot chest (dada) bagian atas, tengah dan bawah. Posisi bangku benchnya dapat diubah sesuai kehendak kita (flat atau incline). Alat ini dilengkapi dengan safety hook, penahan yang menjamin keamanan alat ketika digunakan. 

- Twiste
Biasa digunakan untuk melatih otot perut bagian samping. Twister Chair ini dikhususkan untuk fitness center komersial.

- Sit up
Untuk membantu latihan pembentukan otot perut. Biasanya didesain bantalan kepala lebih rendah daripada kaki, dengan pengait pada kaki. 

- Back up/roman chair
Alat ini digunakan untuk melatih otot punggung bawah, tetapi juga dapat menargetkan otot-otot gluteus dan perut.

Alat Fitness Home Use 
Alat yang termasuk dalam kategori home use, memang biasa dipakai perorangan di rumah masing-masing. Alat ini cenderung multi-fungsi agar bisa memenuhi kebutuhan fitness di rumah jika kita tidak sempat ke fitness center.

Alat fitness home use, biasanya menitik-beratkan latihan kardio.
Kardio berarti adalah jantung. Latihan ini lebih untuk meningkatkan detak jantung tanpa penggunaan beban. Pada umumnya, latihan ini digunakan untuk menurunkan berat badan ataupun sekedar menjaga kesehatan. Treadmill electric dengan HP (horse power 4 hp keatas), Stepper, Cross-trainer, Exercise bike. Beberapa alat fitness home use, diantaranya: 

- Jogger 
Jogger adalah alat yang dapat membantu kita untuk latihan berlari (jogging). Lebih baik untuk memilih treadmill multi-fungsi, karena tidak hanya berfungsi sebagai jogging area, namun juga mempunyai fungsi-fungsi lain seperti adanya massager atau mesin pemijat sebagai penghancur lemak di bagian pinggang dan pinggul. 

- Power rider
Alat berbentuk seperti sepeda ini, memiliki fokus penekanan latihan pada otot paha, panggul dan lengan. Saat digunakan, gerakan kita akan seperti menunggang kuda, ini dapat memberikan hasil yang intens untuk latihan jantung anda.

- Exercise bike
Mirip dengan power rider, namun alat ini memiliki roda-roda yang dapat berputar dan dapat diatur secara manual maupun otomatis. Exercise bike sangat baik untuk pembentukan otot paha dan betis juga jantung anda. 

- Freestyle glider
Freestyle Glider ini, menitik-beratkan latihan kaki, baik untuk membentuk otot betis dan telapak kaki. Selain itu, dapat membakar kalori lebih banyak dengan latihan yang dapat dikatakan ringan. Alat ini biasanya dilengkapi dengan monitor detak jantung, jarak, hitungan kalori yang terbakar. 
Blog, Updated at: 07.26.00

4 komentar:

  1. Taipan Indonesia | Taipan Asia | Bandar Taipan | BandarQ Online
    SITUS JUDI KARTU ONLINE EKSKLUSIF UNTUK PARA BOS-BOS
    Kami tantang para bos semua yang suka bermain kartu
    dengan kemungkinan menang sangat besar.
    Dengan minimal Deposit hanya Rp 20.000,-
    Cukup Dengan 1 user ID sudah bisa bermain 7 Games.
    • AduQ
    • BandarQ
    • Capsa
    • Domino99
    • Poker
    • Bandarpoker.
    • Sakong
    Kami juga akan memudahkan anda untuk pembuatan ID dengan registrasi secara gratis.
    Untuk proses DEPO & WITHDRAW langsung ditangani oleh
    customer service kami yang profesional dan ramah.
    NO SYSTEM ROBOT!!! 100 % PLAYER Vs PLAYER
    Anda Juga Dapat Memainkannya Via Android / IPhone / IPad
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami-Online 24jam !!
    • FaceBook : @TaipanQQinfo
    • WA :+62 813 8217 0873
    • BB : D60E4A61
    Come & Join Us!!

    BalasHapus
  2. Boleh tau sumbernya dari mna?

    BalasHapus
  3. agen sabung ayam online dari filipina live streaming terbaik

    https://rajasabungs128.com/asal-usul-ayam-bangkok-aduan-kuncir/

    Link Official Bolavita : http://159.89.197.59/
    Telegram : +62812-2222-995
    Wechat : Bolavita
    WA : +62812-2222-995
    Line : cs_bolavita

    BalasHapus